Membangun Kembali Semangat Kebangsaaan

Membangun Kembali Semangat Kebangsaaan, Untuk membangun semangat kebangsaan di tengah krisis ideologi dan pemerintahan dewasa ini, SMA  Insan Cendekia Al Kausar menggelar Studium Generale Pendidikan Kewarganegaraan pada Kamis  (29/9/2016) bertempat di Gedung Auditorium, dengan pembicara Bapak Dr. H. M.A Asep Deni, MM dan Bapak Miraj Dodi Kurniawan, S.Pd., M.Pd., dan diikuti oleh siswa siswi kelas XII.

img_20160929_110536

Pada sesi pertama, Bapak Asep Deni menjelaskan pentingnya masyarakat menggali kembali nilai-nilai Pancasila di tengah tantangan nilai-nilai yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa seperti liberalisme dan komunisme.

Bapak Asep Deni, yang sehari-hari mengajar di sekolah pasca sarjana beberapa perguruan tinggi di Jakarta, mencontohkan voting daripada musyawarah, kesenian Barat dari pada kesenian tradisional dan analisis modern daripada kearifan lokal adalah beberapa contoh krisis ideologi yang dihadapi oleh bangsa Indonesia.

Pada sesi kedua, Bapak Miraj Dodi Kurniawan, S.Pd. menekankan bahwa penyelenggaraan Negara yang baik adalah penyelenggaraan yang memahami bahwa pemerintah dan rakyat adalah sama subyek Negara. Dan, Negara, menurut Bapak Miraj yang dalam kesehariannya dikenal sebagai penulis di berbagai media di Jawa Barat,  bukanlah tujuan melainkan alat untuk mencapai tujuan berupa keadilan, kesejahteraan dan sebagainya. (mm)

img_20160929_083802