ALKA – Rafif Dista Serano, yang kini duduk di kelas 9 SMP Internat Al Kausar, selangkah lagi in sya Alloh sampai di puncak kompetisi olimpiade bidang sains level internasional. Tahun 2019 ini, olimpiade Sains International (The 16th International Junior Science Olympiad) akan digelar di Doha Qatar, pada 3 s.d. 12 Desember 2019.

Perjalanan Rafif di OSN secara perlahan tapi pasti memang membanggakan. Setelah menjadi yang terbaik di komisariat Cicurug, kemudian juara 1 di tingkat Kabupaten, lanjut di provinsi, dan alhamdulillah saat mengikuti olimpiade sains tingkap SMP di level nasional, Rafif menduduki peringkat 16 peraih medali perunggu posisi teratas. Posisi inilah yang kemudian memuluskannya ikut training center tahap persiapan olimpiade internasional.

Dalam training center pertama yang dilaksanakan di Bandung pada 17 Agustus s.d. 1 September lalu yang diikuti oleh 30 siswa peraih medali dalam OSN level nasional di Yogya beberapa bulan lalu, Rafif berhasil masuk 15 besar yang kemudian ia berhak mengikuti training center tahap 2 yang juga digelar di Bandung pada 18 s.d. 17 Oktober 2019.

Kini, pada training center kedua yang dilaksanakan diĀ  Harris Hotel & Convention Cidadap Kota Bandung ini, Rafif yang berada diantara 15 siswa terbaik nasional dibina, dibimbing dan ditingkatkan kemampuan dan penguasaan mereka terhadap materi yang tercantum dalam silabus IJSO (International Junior Science Olympad). Tercatat ada 11 doktor & profesional yang secara maraton mengajar Rafif dkk dalam materi Biologi, Fisika, dan Kimia.

Dalam training center kedua ini, mudah-mudahan Rafif termasuk 6 siswa yang lolos mewakili Indonesia dalam Olimpiade Internasional. Amiin yaa Rabb. (wah)