Memanfaatkan masa liburan siswa yang mulai 23 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019, seluruh civitas akademika Al Kausar Boarding School yang terdiri dari guru, wali asrama, staff Tata Usaha, staff PSB (Pusat Sumber Belajar), dan staff Perpustakaan mengikuti rapat kerja selama 2 hari mulai 24-25 Desember 2018.

Di hari pertama, Direktur Eksekutif Yayasan Al Kausar Ir. H. Douglas Prabawono, MT yang biasa disapa Pak Habib menyampaikan arahan kepada seluruh peserta rapat terkait pelaksanaan proses pendidikan dan pengajaran di Al Kausar Boarding School. Dengan mendasarkan arahannya pada visi Al Kausar yang telah dicanangkan bersama, Pak Habib mengingatkan bahwa seluruh civitas akademika harus yakin dan menanamkan paradigma positif dalam dirinya bahwa selama proses pendidikan dan pengajaran yang tengah diembannya, sesungguhnya kita sedang menjadi tutor bagi para pemimpin bangsa masa depan, kita sedang menanam benih ukhrowi dalam setiap siswa yang sedang dididiknya.

Usai mendengarkan arahan global tentang evaluasi pelaksanaan PBM selama satu semester gasal yang lalu, para peserta rapat dibagi oleh pimpinan rapat, H Supriyatin, M.Pd selaku Headmaster menjadi beberapa divisi untuk membahas konteks organisasi masing-masing, baik permasalahannya berasal dari internal organisasi maupun dari eksternal. Beberapa divisi dimaksud adalah : Divisi Kurikulum SMP, Divisi Kurikulum SMP, Divisi Pendidikan Agama Islam, dan Divisi Asrama. Secara khusus masing-masing divisi membahas permasalahan yang selama ini muncul dan tindakan solusi atas permasalahan yang ada.

Usai rapat membahas konteks organisasi di semua divisi & usulan alternatif langkah solusinya, headmaster memberi arahan kepada para seluruh civitas akademika Al Kausar untuk melengkapi dokumen-dokumen kerja dalam rangka penilaian formatif kinerja guru dan staff selama satu semester ini. (wah)