Paskibra

Tanggal 11 Oktober 2015 untuk pertama kalinya tim Paskibra SMP Internat Al Kausar mengikuti Lomba Ketangkasan Baris Berbaris di SMA Negeri 1 Cibadak. Semangat latihan yang tak kenal lelah membuat siswa-siswa ini layak diacungi jempol. Pasalnya waktu yang sangat sedikit untuk persiapan lomba tidak membuatnya surut dalam berlatih, atau malah mengundurkan diri dari ajang lomba tersebut. Alih alih demikian, mereka malah merasa tertantang untuk tidak mudah menyerah dan ingin membuktikan bahwa mereka juga layak menjadi juara.

Dimulai dari tahap seleksi pada tanggal 1 September 2015 dan diikuti kurang lebih oleh 30 siswa, 30 Siswa tersebut akhirnya tersaring menjadi 18 orang. Pada dasarnya mereka memiliki semangat dan keseriusan yang sama dalam kepaskibraan, namun dalam ajang lomba ini, peserta dibatasi yaitu satu pasukan terdiri dari limabelas orang dengan satu danpas (komandan pasukan) serta cadangan dua orang. Makan dengan berat hati setelah proses seleksi selesai, mereka tidak lagi dilibatkan dalam ajang latihan persiapan lomba paskibra tersebut.

Latihan demi latihan, kedepalanbelas siswa tersebut berlatih dengan semangat. Bahkan disaat sudah H-10 hari, mereka mengajukan diri agar latihan ditambah, dari mulai setiap hari hanya sore hari saja sampai setiap hari dengan dua waktu, yaitu sore hari pada pukul 16.00-17.30 dan malam hari pada pukul 20.00-21.30 WIB. Hal itu merupakan bentuk tanggung jawab mereka serta rasa kesadaran akan kemampuan mereka yang selalu merasa kurang. Tentu proses latihan tersebut tidak semuanya melibatkan fisik. Ada materi-materi tentang seputar lomba dan baris-berbaris, bahkan dibeberapa moment pasukan tersebut diberi kesempatan menyantap martabak bersama, tujuannya tidak lain adalah untuk membangun kebersamaan dan cymistry dalam team.

Memang di atas kertas pada saat lomba, Paskibra SMP tidak mendapat kesempatan juara dalam lomba tersebut. Tapi setidaknya mereka sudah menjadi juara atas rasa minder sebagai peserta baru dalam ajang lomba tersebut, dan juara melawan rasa takut serta grogi saat tampil di depan orang banyak. Dan yang terpenting mereka selalu lantang dalam mengucapkan yel-yel “PASKIBRA ALKAUSAR….Hos…hos…saga!!!” (bdk)