LAUNCHING GERAKAN LITERASI SEKOLAH Bekal Untuk Calon Pemimpin

2017-01-09-gls-9

Not all readers are leaders but all leaders are readers

Ucapan Harry S. Truman ini dikutip oleh Headmaster Internat Al Kausar, Bapak H. Supriyatin, S.Si pada launching Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang berlangsung pada hari pertama masuk sekolah di Al Kausar, Senin 9 Januari 2017. Kutipan tersebut menegaskan pentingnya menanamkan kebiasaan membaca pada murid-murid Al Kausar yang disiapkan untuk menjadi calon pemimpin di masa depan.

Sebenarnya, kegiatan literasi bukanlah hal baru di Al Kausar. Selama ini sudah ada kegiatan Silent Reading setiap Jum’at pukul 07.00-08.00 wib dan beberapa kegiatan insidental lain, baik berupa kompetisi maupun non-kompetisi. Dalam Gerakan Literasi Sekolah Al Kausar, kegiatan literasi dilakukan secara lebih sistematik dan terukur.

2017-01-09-gls-2

Kegiatan literasi meliputi kegiatan membaca, menulis dan berbicara (reading, writing and speaking). Kegiatan membaca dilakukan dalam bentuk silent reading (membaca senyap) di kelas selama 15 pada jam pelajaran pertama. Hal ini dilakukan selama 3 hari dalam sepekan pada hari Selasa, Rabu dan Kamis. Selain itu ada kegiatan Readaton yang merupakan kegiatan membaca bersama oleh seluruh murid, guru dan staff Al Kausar selama 42 menit. Kegiatan ini dilakukan pada hari Jum’at pekan kedua dan keempat mulai pukul 7 pagi.  Kegiatan menulis dilakukan dengan menulis review (ulasan) terhadap buku yang telah dibaca. Setelah di-review, siswa akan mendiskusikan buku yang dibacanya dalam kelompok mentoringnya masing-masing.

Target jumlah buku yang harus dibaca oleh murid adalah 6 buku selama satu semester. Target yang sama juga diterapkan kepada guru dan staff. Yang membedakan adalah jenis buku yang harus dibacanya. Murid harus membaca buku yang berkaitan dengan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, sains, sosial, biografi, sejarah Islam dan agama. Sedangkan guru membaca buku yang berkaitan dengan pendidikan, pengembangan diri, fikroh/agama dan pilihan lain.

Acara launching berlangsung di auditorium mulai pukul 7.45. Pada hari itu dilaksanakan Readathon, membuat review dan diskusi buku dalam kelompok mentoring. Selain itu dilaksanakan Reading Mannequin Challenge. (rhm)

GERAKAN LITERASI SEKOLAH