ALKA – Sebagai bagian dari bangsa yang besar, Al Kausar Boarding School merasa harus turut memeriahkan kemerdekaan RI ke-74 sebagai bentuk kesyukuran atas rahmat Alloh yang diberikan kepada bangsa Indonesia. Tahun ini, Al Kausar Boarding School menggelar berbagai macam acara, mulai Jumat, 16 Agustus hingga 19 Agustus 2019. Rangkaian acara tersebut dimulai Jumat, 16 Agustus 2019 dengan pertandingan futsal antar unit di lingkungan Al Kausar.

Rangkaian peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia harus terhenti karena 2 hari diantaranya siswa-siswi Al Kausar mendapatkan kesempatan libur reguler pada 17-18 Agustus 2019. Meskipun demikian, rangakain peringatan selanjutnya berjalan dengan baik da nlancar. Pada Senin, 19 Agustus agenda peringatan dimulai dengan upacara pengibaran bendera merah putih & pelantikan pengurus OSIS masa bhakti 2019-2020.

Hadir dalam upacara ini seluruh siswa-siswi SMP Internat Al Kausar dan SMA Insan Cendekia Al Kausar, guru, pembina, serta seluruh staff dikjar dan karyawan di lingkungan BUP (Badan Utility & Property). Dalam amanatnya, Bapak H Supriyatin, M.Pd, headmaster Al Kausar yang didaulat sebagai pembina upacara menyampaikan pentingnya pembangunan sumber daya manusia. Sejalan dengan tema peringatan secara nasional yakni “SDM Unggul, Indonesia Maju” dan sejarah kemerdekaan Indonesia, maka bangsa Indonesia tidak boleh melupakan bahwa peristiwa kemerdekaan adalah buah kegigihan dan kesungguhan dari perjuangan yang turun temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

Usai upacara pengibaran bendera, seluruh civitas akademika Al Kausar Boarding School melanjutkan perayaan dengan berbagai macam perlombaan ; (1) Turnamen Futsal antar unit, dimana tim guru keluar sebagai juaranya, (2) Alka 2K Fun Run, juaranya adalah : Bapak Ery (taman), Bapak Dede Suryana (TU), dan Bapak Deni Ramdhani (guru B Inggris), (3) Lomba menghias kudapan tradisional, (4) Lomba Lari Estafet Ibu-ibu, dan perlombaan terakhir (5) Games Rangking 1 yang berhasil dimenangkan oleh Ibu Ratu Zulaikha (Personalia), Bapak Fajar Wahyudin (TU), dan Ibu Aan Nurhasanah (guru Ekonomi).

Di penghujung acara, seluruh guru, pembina, staff, dan karyawan Al Kausar lainnya bersantap siang bersama-sama di lapangan futsal dengan alas daun pisang, setelah pembagian hadiah bagi pemenang lomba.

Sementara itu, siswa-siswi Al Kausar tidak kalah meriah dalam merayakan kemerdekaan RI tersebut. Usai pelantikan pengurus OSIS dalam upacara, siswa-siswi SMP Internat Al Kausar dan SMA Insan Cendekia Al Kausar mengawali perayaannya dengan mengadakan orasi kepemimpinan yang bertema : “Memaknai Usia Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 Tahun Sebagai Generasi Muda Penerus Bangsa”. Orasi yang dibawakan oleh H Iim Nurhalim, M.Pd. itu cukup memompa semangat siswa-sisewi Al Kausar terutama yang baru dilantik sebelumnya.

Usai mengikuti orasi, mereka pun terlibat dalam acara perlombaan-perlombaan khas 17 Agustus. Perlombaan itu meliputi : tarik tambang, quiz pengetahuan umum sejarah, puzzle tokoh nasonal, bakiak repul, tebak gambar tempat bersejarah, dan diakhiri treasure hunt. (wah)