Liburan bukan menjadi penghalang bagi pak Bahar Sungkowo S.Pd M.Pd dan Pak Aji Marwonto Arismunandar S.Si untuk berlomba meraih prestasi. Berawal dari Postingan Bu Rahmawati tentang Olimpiade Guru IPS se Jawa-Barat yang diadakan oleh Universiras Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, pak Bahar dan pak Aji memastikan untuk ikut serta. Olimpiade Guru IPS dengan penyelenggara Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) UPI Bandung diadakan tanggal 28 Desember 2018 dengan peserta sebanyak 57 orang (yang ikut 51 orang guru), dari 14  kabupaten dan Kota di Jawa-Barat.

Lomba Olimpiade Guru IPS yang kedua yang dibuka oleh Perwakilan dan ketua Prodi FPIPS, dilaksanakan perlombaan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah mengerjakan soal-soal pedagogik dan pengetahuan IPS sebanyak 70 soal multiple choice dalam waktu 90 menit, dari uji tertulis tersebut diambil 7 orang guru yang nilainya tertinggi dari 51 peserta untuk mengikuti babak presentasi dan menentukan juara I sampai harapan III. Alhamdulillah hasil tes tertulis mengantarkan pak Bahar untuk maju ke babak presentasi bersama keenam guru lainnya yang berasal dari : Kota Bandung, Cikarang Bekasi, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, dan Wanareja.

Dalam tahap presentasi, peserta terpilih diinstruksikan membuat materi dalam bentuk powerpoint sesuai dengan hasil undian. Pak Bahar Sungkowo, SPd, M.Pd mendapatkan materi Kemandirian dan kreativitas dalam kegiatan Ekonomi. Maju di nomor undian dua, pak Bahar secara meyakinkan menyampaikan materi dan menjawab dengan baik pertanyaan tiga juri yang merupakan para doktor dan profesor di FPIPS UPI Bandung. “Saya tidak menyangka dan kaget bahwa saya bisa lanjut ke babak presentasi, karena untuk lomba olimpiade guru IPS ini baru pertama kali. Saya biasa mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI).Semua ini adalah berkah  dari Allah SWT. ” ujar Pak Bahar.

Akhirnya pak Bahar dinobatkan menjadi pemenang ke III dalam lomba ini, serta dapat mengharumkan nama Sekolah dan Kabupaten Sukabumi di ajang lomba Olimpiade Guru IPS se Jawa-Barat. Terima kasih pak Bahar Sungkowo, juga untuk pak Aji Marwonto Arismunandar S.Si, semoga lebih sukses dimasa mendatang. Aamiin.