Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Internat Al Kausar memiliki kekhasan tersendiri. Dengan konsep menyampaikan materi yang diuji di USBN dengan Full Day (sehari penuh) dan disampaikan dalam model yang inovatif, kreatif dan bermakna, Para hari Rabu tanggal 24 Oktober 2018, empat puluh siswa kelas VII didampingi dua pendamping yakni Bapak Bahar Sungkowo, S.Pd, M.Pd dan Ustadz Rizki Muliawan, S.PdI mengadakan kegiatan Civic Day PKn bertema Norma dan Kearifan Lokal Desa. Kegiatan yang dikemas dengan model JEKA OKELO atau Jelajah Kampung Observasi Kearifan Lokal, sungguh menantang dan memberikan pengalaman belajar yang tak terlupakan.

Kegiatan diawali dengan pembekalan dan nasehat oleh Kepala Sekolah SMP Internat AlKausar Ibu Dra. Windarningsih, kemudian pengarahan dan rundown acara dimana tahapan kegiatan adalah : berjalan kaki menuju dua tempat di wilayah desa Babakan Jaya yakni di SMP Islam Al Qudsiyah dan Kantor Desa Babakanjaya.

Saat bersilaturahim di SMP Islam Al Qudsiyah siswa-siswi kelas VII banyak diberi materi berkaitan dengan norma, aturan dan tradisi urang Sunda yang menjadi norma dan aturan Nasional, dimana Bapak Ujang Lukman Nurpalah, S.Pd, M.Pd menyampaikan pengertian Norma, macam-macam norma orang Sunda dan sanksi pelanggaran norma dan tradisi di Desa.

Silaturahim kedua bertempat di Kantor Desa Babakanjaya, siswa-siswi diberikan materi tentang sejarah Desa Babakanjaya dan karakter umum warga desa Babakanjaya serta kearifan lokal di desa Babakan Jaya. Sedikitnya ada tiga aktivitas. Pertama siswa-siswi mencatat sarana yang ditemukan disekitar Desa Babakanjaya sesuai dengan norma yang dipelajari, kedua mencatat materi dari kedua Narasumber dan ketiga adalah memahami buku paket PPKn.

Di akhir kegiatan, penilai PPKn memberikan tes daya serap informasi (tes DSI), untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa-siswi terhadap materi dan informasi yang diberikan. Alhamdulillah kegiatan Civic Day bertema Norma dan kearifan lokal desa dengan model JEKA OKELO berjalan dengan baik dan sukses. (BSW)