alkausar-boarding-school-20150601234051

Kegiatan Jaringan topik (Jartop) tahun ini mengusung tema “ Berbudaya Lokal Berwawasan Global” dilaksanakan tanggal 11-14 Mei 2015.

Hari pertama, Senin 11 mei 2015

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan pengelompokkan murid. Kelas 7 dikelompokkan menjadi 8 kelompok, sedangkan kelas 8 dikelompokkan menjadi 7 kelompok. Acara dilanjutkan dengan pemaparan berbagai kondisi umat muslim di Indonesia khususnya dan di berbagai belahan dunia. Hadir sebagai pemateri pada kegiatan ini adalah Ust. Abdul Aziz. Selanjutnya murid dikelompokkan dan mulai mendiskusikan pembelaan mereka terhadap sesama muslim diberbagai negara, dan dituangkan dalam bentuk slogan dan gambar yang selanjutnya akan dijadikan poster.

Selesai menyusun konsep, semua murid menuju kanopi untuk mulai melaksanakan pembuatan poster solidaritas muslim. Ust. Ono Imron Rosadi menjadi pemandu kegiatan ini. Semua kelompok bekerjasama dengan semangat membara mencoba menuangkan rasa dan karya mereka diatas kain poster. Ada pula 2 kelompok guru yang ikut menuangkan idenya dalam membuat poster.

Hari kedua, Selasa 12 mei 2015

Kegiatan pada hari kedua mengambil lokasi yang berbeda. Kelas 7 melakukan field trip ke OISCA Sukabumi untuk mempelajari pengelolaan sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos atau pupuk cair. Pendamping dalam kegiatan ini adalah Bu Citra, bu Arty, bapak Ade ferdian, bapak Aji, dan Ust. Muqoddam. Dinaungi rindangnya pepohonan di lokasi kemah OISCA, murid kelas 7 sangat riang dan gembira mendengarkan arahan prosedur pembuatan pupuk dan mempraktekkannya langsung. Selanjutnya pada siang harinya, mereka mempelajari pengelolaan sampah an-organik yaitu gelas bekas minuman berbagai merk dagang untuk diubah menjadi benda kerajinan seperti misalnya tempat pensil, vas bunga, dll. Walaupun ada dua murid yang terluka akibat tajamnya cutter yang mereka gunakan, murid kelas 7 tetap semangat mengikuti proses hingga acara berakhir.

Kelas 8 melakukan aktivitas pembuatan kamera pin hole di sekolah, dipandu oleh Bu Firawati dan bapak Wahyu Hermawan.Acara diawali dengan pengarahan pembuatan kamera pinhole dan dilanjutkan dengan pembagian alat dan bahan pada setiap kelompok. Setiap kelompok membuat kamera pinhole sesuai dengan pengarahan dan modul langkah pembuatan yang telah diberikan. Kegiatan pembuatan kamera pinhole ini berlangsung sampai sebelum istirahat siang. Setiap kelompok berhasil menghasilkan satu kamera pinhole dengan tampilan yang berbeda-beda. Setelah dzuhur, acara dilanjutkan dengan pengarahan untuk pembuatan iklan. Dipandu ibu Windarningsih dan Miss Qisti, murid menyusun story board untuk syuting iklan.

Hari Ketiga, Rabu 13 Mei 2015

Kegiatan hari ini diawali dengan studium generale dengan tema enterpreneurship yang dipandu oleh bapak Bahar Sungkowo. Pembicaranya adalah praktisi enterpereunership sekaligus konsultan bisnis yaitu bapak Heru Susanto.

Pada siang harinya, murid kelas 8 melanjutkan dengan syuting iklan. Sedangkan kelas 7 dipandu oleh bu Ragil menulis berita kegiatan.

Hari Keempat, Kamis 14 Mei 2015

Hari terakhir diisi dengan kegiatan market day yang dilaksanakan di area sekitar lapangan basket. Sejak pagi hari, semua kelompok telah siap dengan berbagai peralatan dan bahan makanan ataupun dagangan mereka. Ada yang sibuk mencari kompor, mencari panci, penggorengan, dan ada juga yang mencari teman satu kelompoknya yang belum tiba di lokasi acara. Selama kegiatan semua kelompok terlibat aktif. Ada stand kelompok yang sangat ramai dikunjungi pembeli, tetapi ada pula yang terlihat sepi tanpa pembeli.

Selesai dzuhur, dilakukan pembersihan lokasi dan pengembalian kursi serta meja yang digunakan. Selanjutnya semua murid berkumpul di sekolah untuk melakukan review dari market day yang telah dilakukan. Pak Aji Marwonto hadir sebagai pemandu acara. Kegiatan jartop diakhiri dengan pengumuman pemenang kelompok terbaik. Selamat untuk para pemenang………sampai jumpa di Jartop tahun depan!