Sabtu, 2 November 2019, sebanyak 61 orang siswa kelas 10 SMA Insan Cendekia mengikuti kegiatan HIKING di Suaka Elang Loji Cigombong Kabupaten Bogor Jawa Barat. Sesaat sebelum keberangkatan, peserta mendapatkan arahan dari Headmster Of Al Kausar Bapak. H. Supriyatin, S.Si., M.Pd. Salah satu pesan penting dari Headmaster adalah “Jagalah nama baik diri kalian dan jaga nama baik Al Kausar di luar sana”.

Hiking adalah program rutin tahunan Al Kausar Boarding School yang wajib diikuti oleh siswa kelas 10. Pada kegiatan ini didampingi oleh sepuluh orang guru dan staff yaitu : Yitno Baseno, S.Si (penanggung jawab), Fajar Wahyudin, S.E.I, Ayunda Risha Khameswara, S.Si, Deni Ramdhani, S.Pd, Rizki Mulyawan, S.Pd, M. Luthfi Zulfikar, S.Pd, Indi Putri Maharani, S.Pd, Ridiawati, Supriyanto dan Dudi Suryadi.

Pada kegiatan ini siswa dituntut untuk berjalan sejauh 7 km melewati 6 pos dan puncak perjalanan dari Hiking kali ini adalah air terjun Cibadak. Seluruh siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini bahkan ada beberapa siswa yang ingin berlama-lama di air terjun.

Adapun tujuan dari kegiatan Hiking ini adalah :

  1. Siswa menguasai dasar-dasar tali temali
  2. Siswa mengetahui 3 simpul dasar
  3. Siswa mengetahui bagaimana cara menggunakan kompas sebagai alat navigasi
  4. Siswa menguasai sandi morse
  5. Siswa mengetahui cara mengobati luka luar
  6. Siswa mengetahui beberapa macam tumbuhan obat
  7. Siswa mengetahui sumber air yang ada di alam
  8. Siswa memiliki rasa tanggung jawab
  9. Melatih kerjasama dan kekompakkan
  10. Siswa memiliki jiwa nasionalisme
  11. Melatih siswa untuk lebih cinta dan peduli terhadap lingkungan

Di penghujung acara para peserta hiking diberi materi konservasi alam dan pengetahuan tentang spesies burung elang yang ada di Indonesia oleh Bapak. Angga dari  Lembaga Konservasi Alam Taman Nasional Gunung Salak Halimun. Usai materi, seluruh siswa langsung melakukan pengamatan burung elang di kandang karantina. (FW)