Untuk yang kedua kalinya Bapak H. Bahar Sungkowo S.Pd, M.Pd, mengikuti kegiatan Seminar Nasional Bagi Guru Dikdas Berprestasi angkatan ke 2 yang diadakan di Hotel Milenium Tanah Abang Jakarta.

Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Kesejahteraan, Penghargaan dan Perlindungan Guru (Kesharlindung) Kemendikbud RI ini dilaksanakan pada tanggal 1-4 Oktober 2018, mengangkat tema “Kemuliaan Guru dengan Karya, Jangan Berhenti Berkarya”.  Dalam mengikuti kegiatan ini, terlebih dahulu pak Bahar harus mengirimkan administrasi dan naskah karya tulis untuk diseleksi menjadi peserta. Seleksinya meliputi uji Plagiarisme, konten dan kegunaan media.

Dari hampir 700 naskah se Indonesia, pak Bahar dengan karyanya yang berjudul : Konsep Kreatif, Kolaboratif dan Proaktif sebagai upaya peningkatan hasil PKn-IPS menggunakan media VOTE Kutubuku, berhasil meraih tiket ke 176 dari 180 tempat yang disediakan. Pada seminar kali ini pak Bahar mempresentasikan naskahnya dalam bentuk poster X-Banner sebagai pemakalah poster. Menurut Pak Bahar, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru untuk menambah pengetahuan menulis, membuat penelitian eksperimen, tindakan dan lesson study.

Di akhir seminar ini dipilih setiap kelas yakni kelas A, B, dan C tiga pemrasaran materi dan tiga pemrasaran poster terbaik. Meski belum masuk predikat terbaik dari 2 kategori itu, namun Pak Bahar terpilih menjadi Ketua Kelas C dan menjadi petugas pemimpin doa pada penutupan Acara. Semoga di kesempatan mendatang Pak Bahar dapat meraih predikat pemrasaran terbaik dan poster terbaik. Amin yaa Rabbal Alamin. Semoga  (BSW)