Sabtu, 16 Februari 2019 Al Kausar Boarding School padat agenda. Di lapangan futsal mulai dari pagi hingga menjelang Ashar, berlangsung Lomba Kecakapan Baris Berbaris (LKBB) antar SMU se wilayah Sukabumi, dan Jabodetabek. Sementara itu di lapangan panahan, berlangsung pertandingan Memanah hari pertama, dan di sore harinya masih dalam rangkaian Alphaseismic 2019, digelar pertandingan Futsal lanjutan tingkat SMU. Di gedung sekolah pun berlangsung Seleksi Siswa Baru SMP Internat Al Kausar dan SMA Insan Cendekia Al Kausar yang diikuti oleh 83 siswa pendaftar.

Sementara itu, sebanyak 13 guru Al Quran Al Kausar ikut aktif dalam pelatihan guru metode pengajaran Utsmani. Hadir sebagai narasumber Ust Sholihan Ibnu Sukandar, S.Pd.I, salah satu tim litbang Lembaga Bimbingan Al Quran Utsmani Jakarta. Mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 para asatidz Quran ini dengan penuh antusiasme mengikuti pelatihan yang diawali dengan sambutandari Headmaster Al Kausar, Bapak H Supriyatin, M.Pd. Dalam sambutannya, Pak Supriyatin menyampaikan bahwa pelatihan ini dalam rangka standardisasi pengajaran Al Quran khususnya di ruang kelas. Pengajaran Al Quran di kelas –ujarnya–, perlu dicari formula yang seragam agar memudahkan proses tersebut, terlebih Metode Utsmani sudah sejak lama menjadi metode pilihan Al Kausar dalam pembelajaran Al Quran.

Selama kurang lebih 7 jam, guru-guru Al Quran yang ikut pelatihan ini dibawa ke dalam suasana menyenangkan oleh narasumber. Gaya dan cara Ust Shalihan membawakan materi cukup menarik untuk terus diikuti oleh para peserta pelatihan. Berbagai macam pertanyaan di sela-sela presentasi pun, kerap melengkapi materi yang diberikan oleh Ust Shalihan. Apalagi saat peserta memasuki sesi peer teaching, suasana pelatihan tampak lebih ‘membahagiakan’ karena peserta dipaksa menjadi murid bagi peserta yang ditunjuk untuk melaksanakan pengajaran.

Acara yang sedianya diagendakan selesai pukul 15.00 wib terpaksa memanjang hingga pukul 16.00 wib, dan diakhiri oleh kata penutup dari headmaster Al Kausar. (wah)

Foto ; Ust Muhammad Ibrohim