Sabtu, 24 Agustus 2019, berlangsung Seminar Portofolio Siswa Abad 21 bertempat di School of Human, Kranggan, Bekasi, Jawa Barat, menghadirkan Munif Chatib sebagai narasumbernya. Dalam agenda seminar tersebut, Al Kausar Boarding School mengikutsertakan Kepala SMP Internat Al Kausar, Ibu Dra. Windarningsuh, Kepala SMA Insan Cendekia Al Kausar, Pak Iim Nurhalim, M.Pd. Kepala Pusat Sumber Belajar, Pak Dadang Supratman, S.Pd., Pak Arif Budianto, M.Pd, Pak Yitno Baseno, S.Si, dan Pak Muhammad Nurul, S.Pd.

Kegiatan seminar pendidikan portofolio siswa abad 21 yang dimulai sejak pukul 09.00 dipandu oleh dua orang pembawa acara. Acara pembukaan seminar diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan dari Kepala School  Of Human. Selanjutnya, Munif Chatib selaku pembicara menyampaikan materi penilaian portofolio siswa selama dua sesi. Sesi pertama, disampaikan bahwa ada dua hal yang melatarbelakangi pentingnya penilaian portofolio yaitu penilaian autentik dan era revolusi industri 4.0. Munif Chatib mengatakan perlu adanya pemahaman yang sama antara pihak sekolah, siswa, dan orang tua bahwa penilaian tidak terbatas pada angka-angka saja. Perlu adanya dokumentasi atau pengumpulan data kegiatan yang dilakukan siswa baik akademik maupun nonakademik secara menyeluruh. Hal ini dapat dilakukan dengan portofolio. Sesi kedua, peserta seminar diajak mempraktikkan membuat penilaian portofolio berdasarkan ilustrasi yang dibuat oleh pembicara.

Acara seminar yang diikuti sekitar 80 peserta yang terdiri dari guru TK, SD, SMP, dan SMA ini berlangsung menyenangkan dari awal sampai akhir. Peserta terlibat aktif dalam praktik dan tanya jawab. Munif Chatib pun begitu tenang dan bersahabat dalam menyampaikan materi. Acara seminar pun berakhir dengan foto bersama antara pembicara dan peserta. (MN)

#boardingschoolindonesia
#alkausarboardingschool
#boardingschool
#sekolahberasrama
#pondokpesantren
#pesantrenmodern
#pesantrentahfidz
#SchoolofFutureLeaders
#sahabatdikbud