Beberapa guru beserta para pembina asrama baru SMP Internat Al Kausar dan SMA IC Al Kausar mengikuti POGA (Pekan Orientasi Guru Alkausar) selama satu pekan. Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 9 s.d 13 Desember 2013 ini dilaksanakan di kampus Al Kausar, Parungkuda, Sukabumi. Pekan Orientasi Guru Al Kausar (selanjutnya disebut POGA) bertujuan agar guru mengenal lebih jauh tentang profil sekolah,  memahami dan mendalami visi dan misi sekolah, serta menanamkan militansi pada diri masing-masing guru dan pembina asrama untuk selalu memberikan yang terbaik untuk Al Kausar tercinta.

Pelatihan POGA hari pertama diawali dengan pembukaan oleh Bapak Supriyatin, S.Si, selaku kepala sekolah SMP dan SMA Al Kausar. Kemudian acara berlanjut dengan pemberian materi mengenai dasar-dasar akhlaq seorang muslim oleh Ustaz Abdul Aziz, materi inovasi pembelajaran oleh Bapak Bahar Sungkowo, S.Pd, dan materi pembelajaran bermuatan seven habits oleh Bapak Aji Marwonto.

Pelatihan yang diikuti oleh 12 orang tenaga pendidik yang terdiri atas guru dan pembina asrama ini difokuskan pada pengenalan visi dan misi Internat Al Kausar yang mengedepankan kepribadian islami, penguasaan IPTEK, keterampilan dan kemandirian sebagai target yang harus dicapai dan menjadi dasar untuk menghasilkan calon pemimpin masa depan. Selain itu, setelah mengikuti serangkaian kegiatan pada POGA kali ini guru dan pembina diharapkan dapat menerapkan pembelajaran yang bermuatan nilai-nilai Islam dan leadership lewat penanamanseven habits. Ir. Douglas Prabawono, MT selaku direktur eksekutif Al Kausar yang menjadi pemateri saat itu mengatakan bahwa sebagian besar nasib kita ditentukan oleh kebiasaan. Beliau menekankan bahwa kebiasaan dapat membentuk karakter yang kemudian menjadi kepribadian dan menentukan nasib yang akan kita tuai. Oleh karena itu, beliau berharap guru-guru Al Kausar dapat meningkatkan kualitas diri dengan menjadikan seven habits sebagai acuan untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan efektif sehingga guru dapat menjadi pribadi yang berkualitas baik dalamhard skills (kemampuan mengajar) maupun dalam soft skills (pengembangan diri dan kecerdasan emosional). (rgl)