GERAKAN LITERASI SEKOLAH ( GLS) Di Launching

Senin, 9 Januari 2017 saat mengawali pendidikan dan pengajaran semester 2 tahun 2017-2018, secara resmi Headmaster Al Kausar Bapak H Supriyatin, S.Si juga meresmikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), bertempat di ruang Auditorium. Dalam sambutannya sebelum membuka program, headmaster memotivasi siswa-siswi SMP dan SMA agar cinta membaca, layaknya para ulama terdahulu dan tokoh-tokoh dunia yang hebat dan menginspirasi. Imam Syafi’i misalnya, ia membaca dan menghafal secara sempurna Kitab Muwatha’ sebelum ia belajar kitab tersebut kepada Imam Malik sang penyusunnya.

2017-01-09-gls-5

Al Kausar yang punya mimpi menjadi sekolah terbaik yang menghasilkan pemimpin masa depan, selayaknya memiliki habit membaca yang tinggi. Pak Supri lantas tampilkan kutipan Harry S Truman : “Not all readers are leaders, but all leaders are readers” sebuah pesan yang sangat relevan dengan visi itu. Dalam rangka itu pula, berbagai terobosan dilakukan diantaranya perpustakaan yang terus melakukan berbagai inovasi fisik maupun non fisik, sekolah mewajibkan setiap kelas memiliki perpustakaan kelas, dan akan ada pojok buku di sekitar gedung sekolah, untuk memudahkan akses interaksi dengan buku.

Ibu Rachmawati, S.Sos selaku kepala Perpustakaan Internat Al Kausar yang juga merancang program ini secara detil menjelaskan agenda per agenda GLS di Al Kausar Boarding School, diantaranya adalah Readathon, Book Review, Silent Reading, dan Reading Challenge. Agenda-agenda tersebut diantaranya dilaksanakan sesaat setelah launcing GLS hari ini dan tentunya banyak agenda lain yang dirancang dilaksanakan secara reguler setiap pekan dan semester. (wah)

2017-01-09-gls-2