Tradisi juara Nasional dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) merupakan prestasi-prestasi yang senantiasa disumbangkan oleh kegiatan PELITA (Peneliti Belia Internat Al Kausar). Hal yang membanggakan tradisi ini kembali terjadi di tahun 2019, SMP Internat Al Kausar mengirimkan dua Tim LKTI dan Alhamdulillah meraih prestasi juara 1 dan juara 3 pada lomba karya tulis ilmiah (LKTI) Olimpiade Humaniora Nusantara  tingkat SMP yang diadakan oleh Smart Ekselensia, Dompet Dhuafa dan Dinas Pendidikan Kota Depok pada tanggal 23-24 Oktober 2019.

Sang pemenang 1 LKTI Ohara 2019 adalah tim 2 yang beranggotakan Melia Marsha Aulia siswi kelas 9.2 (ketua) dan M. Yhandra Aditya siswa kelas 9.2 (anggota) yang mengangkat penelitian tentang : permainan kartu Uno (unik dan inovatif) dalam pendidikan mitigasi bencana pada siswa SD, dan sang pemenang 3 LKTI Ohara adalah tim 1 yang beranggotakan M. Samih Rajidan (ketua) dan M. Azzam Faturrahman (anggota) dengan penelitian: Tunjang sebagai substitusi kalsium penguat ekonomi masyarakat desa.

Pembimbing kedua tim LKTI SMP Internat Al Kausar, Bpk Bahar Sungkowo MPd merasa senang dan bangga atas pencapaian keempat anggota Pelita ini. “Luar biasa, mengirimkan dua tim dan alhamdulillah keduanya meraih prestasi”. kesan pak Bahar.

Ini hadiah bagi kegigihan dan keuletan mereka dalam meneliti serta berinovasi dalam bidang geografi dan ekonomi. Semoga di even-even lainnya, mereka lebih baik dalam menggapai prestasi dan tetap rendah hati atas prestasi yang diraih”, tambahnya.

Selamat dan sukses selalu civitas akademika SMP Internat Al Kausar. (Bsw)