Lomba Debat Bahasa Inggris (LDBI) adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi sebagai bentuk penyisihan untuk lomba sejenis di tingkat provinsi dan nasional. Lomba tahun ini yang berlangsung 23-24 September 2014, hanya mengizinkan siswa kelas XI dan X untuk menjadi peserta.

Lomba kali ini tim SMA Insan Cendekia Al Kausar yang terdiri dar Rayhan Naufal (kelas XI IPA), Vania Arif (X IPS), dan Dinda Khairunnisa (X IPA 2) menunjukkan kemampuannya dan berhasil meraih posisi ke tiga. Bahkan, Dinda dan Vania masuk kedalam enam besar Best Speakers. Selain trofi dan sertifikat, mereka juga berhak mendapatkan sejumlah uang pembinanaan.

Tim Al Kausar menjadi satu-satunya tim di tiga besar dengan komposisi siswa kelas X dan XI. Tim lainnya hanya mengirimkan siswa kelas XI dalam tim mereka. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri karena Dinda dan Vania masih berkesempatan mengikuti lomba serupa tahun depan, tentu dengan lebih banyak persiapan dan latihan.

boarding school, islamic boarding school, sekolah islam berasrama, sekolah islam unggul, pondok pesantren, pesantren, pesantren modern, pondok modern