Menurut data Kementrian Pendidikan & Kebudayaan, mutu pendidikan dasar dan menengah cenderung tidak ada peningkatan. Oleh karenanya, penjaminan mutu merupakan mekanisme yang sistematis, terintegrasi, dan berkelanjutan. Untuk memastikan seluruh proses penyelenggaraan pendidikan berjalan dengan baik, maka perlu dimulai dari penjaminan mutu satuan pendidikan.

Kepala sekolah yang merupakan pemimpin dan pengelola satuan pendidikan, perlu memiliki kompetensi manajerial dalam hal peningkatan mutu pendidikan di satuan pendidikannya. Untuk itu, Ibu Dra Hj Windarningsih, kepala SMP Internat Al Kausar ikut serta dalam bimbingan teknik SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) Kepala Sekolah yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi bekerjasama dengan LPMP Provinsi Jawa Barat pada 20 hingga 23 Agustus 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan di SMPN Model Kabupaten Sukabumi Kecamatan Cikembar ini diikuti oleh 79 kepala sekolah negeri maupun swasta di Kabupaten Sukabumi. Hadir sebagai narasumber bimtek ini adalah Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Kab Sukabumi dan pejabat dari LPMP Jabar.