Untuk kesekian kalinya Pak Bahar Sungkowo S.Pd, M.Pd. mengharumkan nama SMP Internat Al-Kuasar dengan prestasi-prestasi yang spektakuler. Dalam kondisi dan situasi apapun, pak Bahar Selalu menyempatkan waktu untuk berkompetisi di lomba-lomba karya tulis dan non karya tulis, tidak terkecuali di era pandemi Covid-19 ini.

Tercatat ada sepuluh lomba yang diikuti pak Bahar, dan dari 10 lomba Online ini, akhirnya pak Bahar meraih juara III Nasional.

Saat Work From Home, pak Bahar ikut lomba nasional yang diselenggarakan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Kemdikbud Daerah Istimewa Yogyakarta, tentang Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh di era pandemi Covid-19.

Pak Bahar melakukan pembelajaran daring dengan strategi Cino Blended Learning yakni mengkombinasikan multiaplikasi yang ada di online serta menjadikan siswa interaktif, berani beropini dan dikemas dengan kombinasi yang bagus.

Kemudian pengalaman mengajar pak Bahar dikemas dalam naskah Best Practice atau praktik terbaik dalam mengajar dengan judul “Cino Blended Leraning, Solusi Cerdas Pembelajaran Jarak Jauh IPS pada siswa kelas VII SMP Internat Al Kausar Kabupaten Sukabumi.

Alhamdulillah, setelah pengunduran 1 minggu dari ketetapan pengumuman pemenang, karena panitia perlu mengadakan wawancara virtual kepada finalis, maka ditetapkan 16 Juni 2020 sebagai babak wawancara finalis secara virtual. Agak grogi dan nerveous juga, dimana keduapuluh Finalis terbaik ini harus meyakinkan Juri bahwa best practicenya telah dilaksanakan di era pandemi Covid-19.

Akhirnya dari 269 peserta dari 20 provinsi se Indonesia meliputi 12 peserta tingkat SLB, 46 peserta tingkat SD, 76 tingkat SMP, SMA 73 peserta dan SMK 62 peserta, pak Bahar Sungkowo S.Pd, M.M. meraih Juara III dari 5 Finalis di tingkat SMP.

Pak Bahar Sungkowo berhak hadiah berupa uang pembinaan, uang pengganti pulsa, sertifikat dan naskahnya diterbitkan menjadi jurnal Ilmiah pembelajaran jarak jauh diera pandemik Covid-19. (BSW)