ALKAUSAR – Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya. [HR al-Bukhari no. 4998 dan 5659].

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan dan pahala orang yang meyantuni anak yatim, sehingga imam al-Bukhari rahimahullah mencantumkannya dalam bab: Keutamaan Orang Yang Mengasuh Anak Yatim.

Tak ketinggalan siswa-siswi Al Kausar Boarding School dalam bulam mulia Ramadhan ini. Mereka berlomba-lomba menabung dalam kenclengnya masing-masing sejak awal Ramadhan untuk agenda Santunan Anak Yatim. Jumat, 24 Mei kemarin, hasil kencleng setiap siswa yang terkumpul sebesar Rp. 22.475.000,- didistribusikan sebagiannya untuk menyantuni anak yatim sekitar kampus Al Kausar. Dana sebesar itu terkumpul dari Asrama Putri sebesar Rp. 10.025.000,-, Asrama SMA Putra sebesar Rp. 10.250.000,-, dan Asrama SMP Putra sebesar Rp. 2.200.000,-.

Dalam agenda Santunan kemarin, Headmaster Al Kausar, Bpk H Supriyatin, S.Si, M.Pd, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk seluruh siswa Al Kausar Boarding School yang sudah membuktikan kepeduiliannya untuk anak yatim dan keyakinannya bahwa bersedekah harus dibiasakan sedini mungkin untuk menjadi kebiasaan dan karakter baik dari setiap muslim.

Agenda Santunan yang dihadiri 44 anak yatim dari 58 orang terdaftar juga dimeriahkan dengan penampilan marawis Siswa Al Kausar, dan nobar (nonton bareng) sejarah Nabi Ibrohim AS, kemudian diakhiri dengan buka bersama. Guru-guru dan pembina asrama tak ketinggalan juga hadir untuk memeriahkan agenda OSIS Al Kausar Boarding School ini. Mudah-mudahan ini menjadi tradisi baik dalam rangka berlatih menjadi pemimpin masa depan yang memiliki rasa empati yang tinggi. (wah)