Sebagai salah satu sarana  pengembangan kompetensi Kepribadian Islami, Menguasai IPTEK, Terampil dan Mandiri yang menjadi visi Al Kausar Boarding School, kelas VIII SMP Internat Al Kausar mengikuti kegiatan Camping Kepemimpinan yang diselenggarakan pada Jumat-Sabtu, 8-9 Maret 2019 di Cangkuang Camping Ground, Cidahu, Kabupaten Sukabumi.

Dalam pembukaan acara, Kepala Bidang Kesiswaan Al Kausar Boarding School, Bapak Yitno Baseno, S.Si., menjelaskan bahwa Camping Kepemimpinan diselenggarakan secara khusus bertujuan memberikan siswa sarana-sarana untuk melatih ketahanan fisik, mental, kedisiplinan, kekompakan, sinergi, dan rasa tanggung jawab. Untuk itu para peserta diharapkan mengikuti rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh.

Rangkaian kegiatan dan materi camping sendiri terdiri dari pelatihan tali-temali, kode morse, navigasi darat (pengetahuan peta dan kompas),  dan sebagainya. Tak kalah penting, kegiatan Camping juga diisi dengan talaqi ayat-ayat dan hadits-hadits kepemimpinan, qiyamul lail dan tilawah.

Selama dua hari dan satu malam, acara berjalan lancar, dan ditutup oleh Headmaster Al Kausar Boarding School, Bapak H. Supriyatin, S.Si., M.Pd. Dalam pidato penutupannya, Pak Supriyatin menekankan pentingnya siswa-siswa untuk membangun karakterikistik-karakteristik pemimpin ideal seperti jujur, bertanggung jawab, komunikatif, dan berintegritas. (mm)