Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kabupaten Sukabumi 02 Mei 2019 menjadi spesial bagi SMP Internat Al Kausar. Apa yang spesial pada upacara Hardiknas Kabupaten Sukabumi Bagi keluarga besar Al Kausar?. Ternyata empat prestasi peringkat pertama dari lomba guru dan siswa tingkat kabupaten Sukabumi. Prestasi itu disumbangkan oleh Bapak Bahar Sungkowo SPd MPd, Ibu Arty Evnaka Yuniar SPd, Najla Desvaa Yardi dan Rafif Desta Serano.

Keempat orang terbaik ini menjadi bintang dari sekian bintang berprestsi yang diberikan penghargaan dan piagam oleh Bapak Bupati Sukabumi, Drs.H. Marwan Hamami MM. Bu Arty Evnaka Yuniar SPd berhasil meraih juara 1 Lomba Olimpide Guru Nasional jenjang SMPĀ  tingkat Kabupaten Sukabumi serta menyisihkan 9 Finalis. Bapak Bahar Sungkowo SPd MPd berhasil meraih juara 1 Lomba Guru Berprestasi jenjang SMP tingkat Kabupaten Sukabumi, dan berhak mewakili kabupaten Sukabumi pada lomba guru berprestasi jenjang SMP tingkat propinsi Jawa-Barat pada bulan Juni 2019 nanti.

Ananda Najla Desvaa Yardi, siswi kelas VIII-2 juga ketua OSIS Putri SMP Internat AlKausar berhasil meraih juara 1 pada lomba Olimpiade Sains Kabupaten pada Mata Pelajaran PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan). Terakhir prestasi yang membanggakan diukir oleh ananda Rafif Desta Serano berhasil meraih juara 1 Lomba Olimpiade Sains Nasional jenjang SMP mata pelajaran Fisika.

Bahkan prestasi ananda Rafif berhasil masuk pada jenjang Nasional OSN tingkat Nasional di Jogyakarta pertengahan mei nanti. Upacara Hardiknas tingkat Kabupaten Sukabumi mengukir sejarah tertinggi dengan tiga juara Kabupaten dan satu juara propinsi. Semoga Rafif dan Pak Bahar yang masih berjuang menuju juara Nasional dapat terwujud.Amin.. (BSW)