Pada Rabu, 13 Februari 2019, mulai jam 08.00 WIB bertempat di SMP SMA Cahaya Rancamaya lslamic Boarding School, Ciawi Bogor, SMP Internat Al Kausar mengikutsertakan siswa-siswinya dalam ajan BATTLE OF BRAIN (BOB) antar siswa SMP se JABODETABEK.

Siswa yang dikirim dalam ajang ini terdiri dari :

Tim 1 : Jingga (9), Hanief (9), & Billy (9)

Tim 2 : Wildan (9), Dinda  (9) & Hanifah (7)

Tim 3 : Ghazy (7), Davin (7) & Aqsha (7)

Mereka merasa senang dan sangat antusias bisa ikut kegiatan tahunan di Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School ini untuk mengikuti lomba BOB “Battle Of Brain” walaupun cukup melelahkan.

Olimpiade dibagi menjadi 3 babak. Yaitu babak penyisihan, babak semifinal dan babak final. Pada babak penyisihan setiap tim yang terdiri dari 3 orang , diberikan 100 soal pilihan ganda dalam waktu 100 menit. Dari 42 tim yang mengikuti BOB, akan di ambil 10 tim yang berhak lanjut ke babak semifinal. Alhamdulillah Tim 1 (Jingga, Hanief dan Billy) dan Tim 2 (Widan, Dinda dan Hanifah) termasuk tim yang berhak masuk ke babak semifinal.

Pada babak semifinal dilakukan dengan sistem dari pos ke pos. Pos tersebut berjumlah 10 pos. Di setiap pos, semua tim diberikan 6 soal yang harus diselesaikan. Dalam waktu 80 menit, semua tim semifinalis harus dapat mengunjungi 10 pos tersebut.

Di babak semifinal akan di ambil 3 tim terbaik untuk lanjut ke babak final. Alhamdulillah Tim 1 Alka (Jingga, Hanief dan Billy) berhasil masuk ke babak final. Pada babak final akan dilakukan dengan sistem cerdas cermat untuk menentukan juara 1, 2 dan 3. Di akhir babak final, Alhamdulillah tim 1 (Jingga, Hanief dan Billy) berhasil meraih juara 2 untuk bidang studi Matematika, IPA dan Bahasa Inggris. (afer)