Selasa, 15 Januari 2019 Bank Indonesia yang diwakili oleh Bank Indonesia Bandung hadir di Al Kausar Boarding School memenuhi undangan Panitia Alphaseismic 2019 untuk sosialisasi program BI bertajuk “Kita Makna Indonesia”. Agenda yang disetting dalam bentuk Studium Generale Keuangan ini menghadirkan dua narasumber dari Bank Indonesia Bandung, yakni¬†Pak Ambar Kusumo, selaku manager dan Pak Iman Kurniawan yang berprofesi kasir di tempat yang sama.

Selain siswa-siswi SMP Internat Al Kausar dan SMA Insan Cendekia Al Kausar yang berjumlah 262 orang, hadir juga sebagai peserta 109 siswa-siswa sekolah sekitar berikut guru pembimbingnya. Dengan penuh antusias para hadirin mendengarkan setiap paparan, baik dari Pak Ambar yang mengupas seputar Bank Indonesia; pera, fungsi dan tugasnya, maupun keterangan dari Pak Iman yang menyampaikan ciri-ciri keaslian uang rupiah serta tindak lanjut jika uang tersebut rusak.

Selain menjelaskan Bank Indonesia, peran, tugas dan fungsinya, Pak Ambar secara panjang lebar menyampaikan program Bank Indonesia bertema “Kita Makna Indonesia”. Diantara program yang tengah digalakan BI saat ini adalah program Beasiswa bagi mahasiswa di perguruan tinggi nasional, ada 6 PT di Jawa Barat yang menjadi sasaran beasiswa berkelanjutan itu. Program lain adalah BI Literasi, yang memfasilitasi sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan lainnya untuk bekerjasama menyediakan perangkat perpustakaan, mulai buku hingga komputer dan jaringan internetnya.

Sebelum kedua narasumber menyampaikan sosialisasi Bank Indonesia, Pak Supriyatin, S.Si, M.Pd selaku Headmaster Al Kausar Boarding School menyambut hangat agenda ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan Alphasesimsic 2019. Pak Supri, demikian ia biasa disapa, tidak lupa menyampaikan dasar kegiatan Alphaseismic sebagai sarana dan laboratorium bagi siswa-siswa untuk mengasah potensi kepemimpinan mereka sebagai cikal bakal pemimpin bangsa masa depan. Hal ini sesuai visi Al Kausar yang bertekad menjadi sekolah terbaik yang menghasilkan pemimpin masa depan berkepribadian islami, menguasai iptek, trampil, dan mandiri.

Dengan didampingi para guru, Siswa-siswi Al Kausar yang didominasi oleh siswa-siswi kelas 11 dan 8 sepenuhnya akan mengendalikan seluruh rangkaian Alphasesismic, mulai dari perencanaan, pembiayaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Sukses Alphas 2019!!! (wah)