Usai masa liburan Semester 1, Siswa-siswi SMP Internat Al Kausar memulai pembelajaran pada 4 Januari 2021 dengan sistem on line. Pekan pertama kegiatan sekolah di semester 2 diisi dengan pekan re-Orientasi selama 4 hari. Kegiatan reorientasi berupa: (1) Pengarahan Umum tentang Kurikulum 2020 dan Kebijakan Al Kausar masa semester 2, (2) Sosialisasi Tata Tertib Sekolah, (3) Pra LDKO khusus untuk kelas 7 & 8, (4) Presentasi Pola Hidup Bersih & Sehat, (5) Sharing Pengalaman Alumni untuk kelas 9, (6) Menyusun Roadmap, dan (7) Pemantauan Rutinitas Ibadah Harian.

Salah satu agenda kegiatan yang cukup menarik bagi siswa adalah saat almuni yang pernah belajar di Alka selama 6 tahun (SMP dan SMA) berbagi kisah suka dukanya belajar selama itu dan hasil yang dirasakan saat kuliah setelahnya. Hadir secara virtual dalam acara ini: Farhan Naufal (tamat SMP tahun 2013, dan SMA tahun 2016), Ammar (2014 & 2017), dan Rafi Aziz Fauzi(2015 & 2018).

Dalam acara yang digelar pada Kamis, 7 Januari 2021 itu, ketiga narasumber menyampaikan kesyukurannya telah belajar di Al Kausar selama 6 tahun. Mereka banyak merasakan pengalaman manisnya hidup berasrama selama itu setelah mereka duduk di bangku kuliah. Aktifitas akademik dan sosial mereka di kampus terasa nikmat oleh sebab pengalaman belajar dan hidup di Al Kausar.

Ammar, salah seorang narasumber cerdas dalam acara ini, saat di SMP dulu dikenal pendiam dan mahir membuat komik, menuturkan bahwa Al Kausar banyak membantu memberikan bekal untuk bisa tampil optimal saat kuliah di ITB. Selain suasana lingkungan Al Kausar yang kondusif untuk belajar, ia menilai Al Kausar juga berkomitmen dan konsisten memfasilitasi murid-muridnya berprestasi dalam berbagai macam ajang lomba. (wah)