Alphaseismic tahun 2020 resmi dibuka Senin, 17 Februari 2020 oleh Ketua Harian Yayasan Al Kausar, Ibu Sri Rahayu Fatimah Habibie. Ajang perlombaan tahunan yang digarap OSIS Al Kausar Boarding School ini direncanakan berlangsung sepekan hingga 22 Februari 2020. Namun demikian, acara yang diikuti oleh kurang lebih 2.400 peserta ini telah dimulai dengan cabang lomba Pencak Silat pada 1 & 2 Februari, lalu dilanjutkan dengan babak penyisihan cabang Futsal dan Basket pada sore hari 3-7 Februari. Kemudian pada Sabtu 8 Februari dilaksanakan Lomba Ketrampilan Baris-Berbaris (LKBB) antar SMA.

Rausyan Fikri Suwandiman (XI.IPS) & Maulida Marisa Qonita (XI.IPS) yang memegang amanah sebagai duet ketua perhelatan ini menyampaikan kesyukurannya bahwa Al Kausar telah memfasilitasi siswa-siswinya belajar berorganisasi, khususnya melalui agenda Alphaseismic. Menurut keduanya, Alphaseismic yang mulai dilaksanakan tahun 2011 semakin semarak dan menyedot perhatian masyarakat, utamanya sekolah-sekolah sekitar Sukabumi dan Jabodetabek. Sebuah kebanggaan juga bahwa tahun 2020 ini cabang lomba yang dilaksanakan bertambah dua yakni Pencak Silat dan Fotografi.

Acara pembukaan Alphaseismic 20 juga dihadiri oleh Managemen Al Kausar, Pimpinan Dinas Pendidikan & Kebudayaan Sukabumi, dan Sponsor utama pendukung acara. Para hadirin yang termasuk peserta dan orang tua siswa dihibur dengan berbagai macam atraksi menarik, yakni ketrampilan baris berbaris tim paskibra Alka, tari nasional, solo vocal, dan parade lomba. Acara pembukaan ditutup dengan talkshow bertemakan ECOTOURISM. (wah)