alkausar-boarding-school-20150811120841

Dalam rangka memasuki tahun ajaran baru dan komitmen yayasan Al Kausar untuk berubah menjadi lebih baik, dari good school menjadi the Great School. Komitmen ini secara bertahap diralisasikan dengan melakukan beberapa langkah perubahan.

Dengan spirit perubahan tersebut, pekan orientasi siswa (PRESTASI/MOS) tidak hanya diorientasikan untuk siswa baru, melainkan juga diarahkan bagi siswa lama, kelas XII. Khusus kelas XII, beberapa hal yang menjadi dasar bagi penyusunan program reorientasi, yang dinamai dengan Alka PADAQU ini adalah sebagai berikut:

a.  Perlunya penguatan aqidah islamiyah pada diri siswa sebagai fondasi pokok sebelum masuki dunia Perguruan Tinggi yang sarat dengan benturan pemikiran.

b.  Urgennya penguatan adab sebagai disiplin spiritual siswa agar selalu dalam kondisi siap dan layak untuk diberikan ilmu yang manfaat oleh Allah subhaanahu wata’aalaa

c.  Pentingnya memelihara dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

Dengan latarbelakang tersebut, kegiatan reorientasi kelas XIIyang dimulai dari hari senin sampai dengan hari jum’at diisi dengan berbagai kegiatan, sebagai berikut:

·  Hari pertama diisi dengan kegiatan outing angkatan ke parakan salak, agenda utama dari kegiatan ini adalah menguatkan kebersamaan antar sesama siswa juga menjalin kedekatan antara wali kelas dan wali asrama dengan siswa binaannya.

·  Kegiatan hari kedua bertujuan agar siswa memahami adab belajar sebagai disiplin spiritual  supaya siswa siap dan layak untuk menerima ilmu yang manfaat. Sesi pertama diisi dengan materi “Islam Menang, atas semua agama dan ideologi”, sesi selanjutanya diisi dengan materi mengenai adab terhadap ilmu, buku, teman dan guru.

·  Untuk menghadapi ujian masuk PTN, pada hari ketiga dan ke-empat siswa dibekali dengan strategi penjurusan di PTN, membuat road map to success PTN menggali pengalaman dari para alumni dan training motivasi.

Kegiatan ditutup dengan bakti sosial di SLB A kota sukabumi, yang bertujuan meningkatkan empati dan kepedulian sosial siswa terhadap sesama.