Pembelajaran Bahasa & Sastra Sunda di SMP Internat Al Kausar pada semester 1 tahun 2019-2020 ini dilangsungkan dengan menerjunkan langsung siswa dalam aktifitas lapangan berupa parade lomba budaya Sunda. Agenda yang digelar Rabu, 4 September 2019 ini dibuat dengan sistem kompetisi antar kelas untuk mencoba tantangan menjawab pertanyaan-pertanyaan di 6 pos yang berisikan ragam budaya Sunda, termasuk tata bahasa Sunda.

Siswa-siswi SMP Internat Al Kausar yang lengkap berkostumkan kebaya dan pangsi serta iket itu cukup menghibur terutama mereka yang berasal dari luar Jawa Barat. Di setiap pos yang disediakan panitia, guru yang langsung menjadi penguji memberikan tantangan-tangan diantaranya : (1) memperagakan kosa kata kerja Sunda, (2) mencocokkan gambar dengan namanya dalam bentuk TTS, (3) melengkapi lirik lagu Sunda, (4) menyusun langkah-langkah pembuatan masakan/minuman Sunda dalam bahasa Sunda, (5) mengubah lirik lagu anak-anak yang berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Sunda untuk dilantunkan, serta (6) permainan anak-anak tempo dulu.

Di ujung acara pada jam 14.30 siswa-siswa SMP Internat Al Kausar bergabung dengan siswa SMA di auditorium untuk menghadiri penutupan Alka Nyunda yang sekaligus diumumkan peserta dan kelas terbaik. Kelas terbaik dalam lomba ini secara berturut-turut adalah Kelas 7.1, Kelas 8.2, dan Kelas 9.1. Adapun siswa yang menjadi peserta Alka Nyunda terbaik adalah : Delaila Dian Mahesa Ayu Prasetyo (kelas 7), Hasifa Zaysha Albany  (8), dan Ussyfa Cahyaeta Siswoyo (9). (wah)