Alka juara 1 dan 3 LINTARA OHARA Smart Ekselensia Bogor

Alka juara 1 dan 3 LINTARA OHARA Smart Ekselensia Bogor, Alhamdulillah, 2 tim SMP Internat Al Kausar berhasil membawa pulang 2 juara dalam Lomba Lintas Nusantara (LINTARA) dalam Olimpiade Humaniora Nusantara (OHARA) SMA Smart Ekselensia 2016 Bogor yang digelar 26-27 Oktober 2016. Lomba ini terdiri dari 3 babak; penyisihan, semifinal, dan final. Masing-masing terdiri dari beberapa sesi.

Exif_JPEG_420
Pada hari pertama Rabu, 26 Oktober 2016, Lomba dimulai setelah Upacara Pembukaan yang dilakukan jam 08.00 WIB. Pada Sesi 1 : diadakan tes tertulis (untuk menguji kemampuan kognitif dan analisis peserta seputar pengetahuan sejarah, budaya, dan kemasyarakatan Indonesia saat ini). Peserta yang sudah terbagi dalam kelompok memasuki kelas yang sudah ditentukan. Peserta mengerjakan 60 soal secara berkelompok selama 90 menit.

Kemudian pada sesi 2 adalah Balas Pantun (uji kemampuan argumentasi lisan anggota kelompok dengan materi pengetahuan sosial budaya dan kemasyarakatan Indonesia). Peserta mengambil undian untuk menentukan tema yang  diambil saat  pertandingan  balas pantun. Peserta yang sudah mendapatkan tema memasuki ruangan sudah ditentukan. Tiap pertandingan berlangsung selama 15 menit, peserta hanya  diberi waktu berpikir selama 30 detik untuk menyiapkan pantun sesuai dengan tema yang sudah ditentukan.Dipilih 10 Kelompok untuk diadu dalam tahap selanjutnya. Pada babak penyisihan ini, tim Al Kausar putri menempati urutan 3 dan tim putra menempati urutan 7.

ohara-1

Alka juara 1 dan 3 LINTARA OHARA Smart Ekselensia Bogor, Lalu pada hari kedua Kamis, 27 Oktober 2016, di babak semifinal yang terdiri dari 6 (enam) pos yang setiap posnya berisi praktik ketangkasan untuk menguji kemampuan kognitif, psikomotor dan analisis peserta seputar pengetahuan sejarah, budaya dan kemasyarakatan Indonesia saat ini. Di babak ini peserta menjelajahi setiap pos untuk mendapatkan Poin. Start dari lapangan rumput Smart Ekselensia. Di setiap Pos ada tantangan berupa permainan tradisional (bermain  egrang, lari karung), pengetahuan tentang sejarah, budaya (melengkapi/melanjutkan lirik lagu tradisional) dan kebiasaan yang ada di Indonesia (tebak rempah – rempah), menyusun paku, menyusun puzzle . Tiga kelompok yang mendapatkan poin tertinggi di babak ini berhak mengikuti babak final, dan kedua tim Al Kausar alhamdulillah lolos.

Di babak final, peserta diuji kompetensi kognitif dalam lomba Cepat Tepat dengan materi pengetahuan sejarah, budaya dan kemasyarakatan Indonesia. Tim Al Kausar Putri mendapat undian A dan tim Al Kausar Putra mendapat undian C. Di posisi B ditempati SMPN 1 Kemang. Perolehan Skor akhir tim putri 1650, dan tim putra memperoleh 1050, sedangkan tim kemang memperoleh 1400.

ohara-5

Alka juara 1 dan 3 LINTARA OHARA Smart Ekselensia Bogor, Tim putri (Maulida Marisa Qonita, Lulu Alya Setyowati, Fanny Aulia Rizqianti) mendapat 2 piala. Juara I dan piala bergilir dari Kemendikbud. Piala bergilir ini akan diperebutkan di tahun mendatang. Di samping piala, mereka bertiga juga juga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 1.750.000,00. Adapun tim putra (Amir Ibnu Rochkita, Valendio Ananda, Nizar Monza Alaydrus) mendapat 1 piala sebagai  Juara III dan uang pembinaan sebesar Rp 750.000,00. (amam)