Geography Essay Competition merupakan lomba esay yang di selenggarakan oleh Fakultas geografi Universitas Gajah Mada yang bertujuan untuk mengembangkan keilmuan geografi yang inovatif dan aplikatif guna berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di era pandemi Covid-19.  Adapun tema yang diangkat pada ajang lomba tersebut adalah “Indonesia after COVID-19 Outbreak from a Geographic and Demographic Perspective”

Dalam perlombaan itu, Pak Arif menawarkan gagasan  dengan judul Mitigasi Bencana Demografi, di Tengah Dilema Pelaksanaan Pendidikan di Pedesaan Akibat Pandemi Covid-19. Pemilihan judul ini diangkat dari permasalahan yang muncul dari hasil observasi kondisi pendidikan dasar dan menengah saat masa pandemi di daerah pedesaan, yang seolah tak tentu arah. Kebijakan satu untuk semua berdampak serius terhadap kemunduran kualitas pendidikan terutama di daerah pedesaan. Keterbatasan teknologi, dan larangan sekolah tatap muka nyaris menghentikan proses belajar seutuhnya di pedesaan. Hal ini tentu semakin memperburuk disparitas pendidikan antara wilayah pedesaan dengan perkotaan. Dari permasalahan itu, kemudian muncul gagasan untuk mengolaborasikan keilmuan geografi dengan manajemen pendidikan. Bahwa pendataan dan pemetaan melalui Sistem informasi Geografi dapat menjadi rujukan dalam pengambilan kebijakan pendidikan di masa pandemi covid-19. Pendidikan menjadi sektor penting dalam menyiapkan generasi muda Indonesia memiliki daya saing. Kesiapan ini dilakukan guna memanfaatkan potensi bonus demografi di Indonesia yang diprediksi terjadi pada 2030 mendatang.

Pendidikan yang berkualitas di masa pandemi covid 19 merupakan sesuatu hal yang mungkin terjadi. Jika, kebijakan yang diambil tepat sasaran berdasarkan data yang akurat. Setiap wilayah di Indonesia memiliki karakteristik khas, sehingga kebijakan pendidikan yang bersifat umum tidak dapat serta merta diterapkan disemua wilayah Indonesia dengan kondisi geografis yang beragam.

Alhamdulillah, dengan mengangkat tema tersebut, Pak Arif Budiyanto, S.Pd., M.Pd ditetapkan sebagai Juara 1 dalam lomba Geography Essay Competition OLGENAS International Geolympiad 2021 di UGM Yogyakarta. Dan berhak mendapat hadiah berupa uang pembinaan, sertifikat, plakat dan naskahnya akan dikirimkan kepada Ikatan Geograf Indonesia (IGI) yang nantinya akan disampaikan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, sebagai sampaian aspirasi dan solusi terkait permasalahan yang diangkat.  Esai juga akan dipublikasikan pada jurnal geografi UGM. (AB)