Al Kausar Reading Challenge

Al Kausar Reading Challenge, Menanamkan kebiasaan membaca merupakan program yang sudah sejak lama diterapkan di Al Kausar. Salah satu bentuk kegiatan ini adalah Al Kausar Reading Challenge yang diselanggarakan selama bulan April, mulai tanggal 1 hingga 29 kemarin.

Reading Chalenge

Al Kausar Reading Challenge adalah tantangan yang diberikan oleh perpustakaan kepada murid-murid, guru dan pembina untuk membaca buku sebanyak-banyaknya. Buku yang dibaca terlihat murid-murid di masing-masing kelas dapat dilihat dari Reading Tree yang dipasang di dinding luar kelas. Murid-murid berlomba-lomba membaca buku sebanyak-banyaknya agar Reading Tree-nya terlihat subur penuh daun.

Kompetisi baca antar kelas ini dilakukan selama bulan April dalam rangka memeriahkan Hari Buku se-Dunia, World Book and Copyright Day. UNESCO menetapkan tanggal 23 April sebagai  World Book and Copyright Day. Setelah membaca buku, murid-murid menuliskan ringkasan dan pendapatnya terhadap buku tersebut di Reading Response Sheet. Reading Reasponse ini diserahkan ke perpustakaan untuk ditukar dengan “daun” yang bertuliskan nama murid dan judul buku yang dibacanya. Daun-daun ini kemudian ditempelkan di Reading Tree di masing-masing kelas. Warna daun menunjukkan jenis buku yang dibaca. Ada enam kategori buku yang harus dibaca oleh murid, yaitu buku biografi, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), agama, pengembangan diri, buku berbahasa Inggris dan fiksi. Setiap kelas harus membaca semua jenis buku yang disyaratkan. Kelas yang paling baca membaca buku dan semua jenis buku terpenuhi akan menjadi pemenang.

Jika untuk murid, kompetisi ini antar kelas, maka untuk guru dan pembina kompetisinya untuk perorangan. Guru dan pembina disyaratkan membaca minimal 3 jenis buku kemudian mengisi Reading Response Sheet. Bedanya dalam Reading Response tersebut, guru diminta menuliskan Critical Review terhadap buku disamping menuliskan ringkasan isi buku.

IMG-20160502-WA0008

Di tingkat SMP, lomba ini dimenangkan oleh kelas 8-3 yang membaca sebanyak 169 buku. Urutan kedua diduduki oleh kelas 7-1 yang membaca sebanyak 107 buku. Di urutan ketiga ada kelas 7-3 yang membaca sebanyak 102 buku. Di tingkat SMA, pemenangnya berturut-turut adalah Kelas XI-IPA, XI-IPA2 dan kelas X-IPA2, dengan jumlah buku yang dibaca sebanyak 98, 86 dan 82 buku.

Murid-murid terlihat sangat bersemangat mengikuti kompetisi ini, bahkan terlihat terlalu bersemangat sehingga dapat membaca lebih dari satu judul buku dalam sehari. Kompetisi ini juga membangun kerjasama karena mereka berbagi tugas agar semua murid di kelas turut berpartisipasi.

IMG-20160502-WA0006

Guru-guru pun memberikan respon positif karena jadi terpacu untuk membaca. Pembaca terbanyak dari kalangan guru dan pembina adalah : Bapak IIm Nurhalim. Urutan kedua hingga kelima adalah Ibu Windarningsih, Bu Nurpatria, Bu Reccy dan Ibu Citra. (RHM)