AL KAUSAR – Ahad, 19 Mei 2019, sebanyak 79 siswa yang terdiri dari 46 putra dan 33 putri secara resmi diwisuda dan dinyatakan lulus menyelesaikan program pendidikan di SMP Internat Al Kausar dan SMA Insan Cendekia Al Kausar tahun 2019. Alhamdulillah.

Hadir dalam acara yang digelar di auditorium Al Kausar ini jajaran pimpinan Al Kausar yakni : Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Kausar Hj. Sri Rahayu Fatimah Habibie, Direktur Eksekutif Yayasan Al Kausar H. Douglas Prabawono, MT beserta wakilnya H. Budi Hermawan, MT, Headmaster Al Kausar H. Supriyatin, S.Si., M.Pd., Kepala SMA Insan Cendekia Al Kausar H. Iim Nurhalim, M.Pd., dan Kepala SMP Internat Al Kausar Hj. Dra. Windarningsih. Hadir pula tamu spesial mantan Gubernur Jawa Barat 2 periode Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si, yang didaulat sebagai keynote speaker bertema Kepemimpinan di Era Milenial.

Headmaster Al Kausar H. Supriyatin, S.Si., M.Pd dalam laporan tahunannya menyatakan kesyukurannya atas prestasi siswa-siswi SMP Internat Al Kausar dan SMA Insan Cendekia Al Kausar yang diwisuda tahun ini. Selama 3 tahun, beberapa prestasi ditorehkan untuk mengharumkan nama baik Al Kausar, Siswa SMA Insan Cendekia Al Kausar angkatan 12 menyumbangkan 24 prestasi ; 8 di bidang Olahraga, 2 di bidang Kewirausahaan, dan 14 bidang Akademik. Sementara itu Siswa SMP Internat Al Kausar angkatan 20 menyumbangkan 40 prestasi terdiri dari ; 20 di bidang Akademik, 18 bidang Olahraga, 1 bidang Tahfizh, dan 1 Bidang Seni.

Selain itu, sebagian besar capaian kompetensi para wisudawan alhamdulillah memenuhi harapan & target sekolah. Diantaranya adalah hasil Uji Kemahiran Berbasa Indonesia (UKBI), dari 31 siswa SMP, 6% mencapai level Sangat Unggul, 52& Unggul, dan sisanya 42% mencapai level Madya. Sementara untuk wisudawan SMA, hasil UKBI menunjukkan : 22% Sangat Unggul, 55% Unggul, dan 23% level Madya. Hasil Tes TOEFL JUNIOR, siswa SMP angkatan 20 ini mendapat level Superior 6%, Accemlpished 26%, Expanding 45%, dan Progressing 23%. Sementara Siswa SMA yang diuji dengan standar TOEFL ITP, sebanyak 34% meraih skor lebih dari 500, 34% meraih skor 450-499, 21% meraih skor 400-449, dan yang kurang dari skor 400 ada 13%.

Meskipun dalam suasana Ramadhan, suasana wisuda tahun 2019 tampak semarak meskipun tetap resmi. Hal ini karena acara wisuda seperti biasanya dibumbui dengan penampilan kreatifitas siswa-siswi kelas 7, 8, 10, dan 11 dalam vokal, pencak silat, baris-berbaris, dan drama. (wah)