2017.09.17 Rohingya 1

BANYAK cara Umat Islam Indonesia menunjukkan kepeduliannya terhadap saudara-saudara Muslim Etnis Rohingya di Arakan alias Rakhine, Myanmar, yang tiada henti tertindas. Mulai dari penggalangan dana kepedulian, pengiriman bantuan untuk para pengungsi, hingga menyebarluaskan fakta-fakta pembantaian dan penindasan atas etnis minoritas oleh junta militer dan ekstremis Buddha Myanmar itu. Termasuk upaya yang marak ditempuh masyarakat dunia dalam menyuarakan kepedulian terhadap Rohingya adalah dengan menggelar aksi turun jalan.

Pun demikian dengan Al Kausar. Sebagai lembaga pendidikan Islam, yang berijtihad mendidik para generasi bangsa masa depan, patut kiranya menjadikan tragedi ini sebagai salah satu kesempatan mengasah kepedulian dan empati untuk sesama muslim. Terlebih, Al Kausar sudah menetapkan dalam kurikulum dimensi kepribadian islami-nya : membangun kepedulian bagi permasalahan umat.

Untuk itu sejak 8 sampai dengan 17 September 2017, Al Kausar menggelar parade aksi Peduli Rohingya dengan tema “Dari Al Kausar untuk Rohingya” berupa Lomba Majalah Dinding antar Kelas bertema Peduli Rohingya, Doa bersama termasuk Qunut Nazilah yang digelar hampir setiap salat fardhu, Penggalangan Dana, Pemutaran Film-film tentang Rohingya, dan Tabligh Akbar.

Mengawali rangkaian Peduli Rohingya tersebut, Headmaster Al Kausar Bapak H Supriyatin, S.Si yang bertindak sebagai khotib jumat 8 September 2017 menyampaikan fakta-fakta sejarah tentang perjalanan minoritas Rohingya sebagai bagian bangsa Burma atau Myanmar. Fakta sejarah ini seharusnya menjadi dasar bagi dunia bahwa upaya genosida yang dilakukan pemerintah Myanmar terhadap etnis Rohingya tidak bisa diterima oleh siapapun.

Di akhir rangkaian Aksi, pada Kamis 21 September 2017 digelar Tabligh Akbar dengan menghadirkan Tim Relawan Dompet Dhuafa Jawa Barat yang langsung turun di wilayah Rohingya. Di hadapan civitas akademika Al Kausar termasuk siswa-siswi tentunya, mereka menceritakan perjalanan berat terjun di wilayah Arakan dan menggambarkan penderitaan muslim Rohingya selama ini. Dalam agenda tabligh akbar ini pula, dana yang berhasil dihimpun oleh Al Kausar selama sepekan sejumlah Rp. 30.005.200,- bisa diserahkan dan diamanahkan kepada Dompet Dhuafa untuk disalurkan kepada Muslim Rohingya. (wah)

2017.09.17 Rohingya 2

2017.09.17 Rohingya 3

2017.09.17 Rohingya 4

26016de9-d003-407e-b155-3dd9fa6788ff