2016-09-06-sg-sunda-3

Selasa, 6 September 2016 lalu, siswa-siswi kelas X mendapatkan pembelajaran berharga mengenal dan belajar menulis aksara Sunda dari Bapak Drs. R. Yudi Budiman, M.Pd, pengajar di SMPN 1 Gunung Guruh Sukabumi.

Kegiatan Studium Generale Sunda yang bertempat di auditorium Al Kausar ini sangat menarik bagi siswa siswi kelas X, hal ini bisa dilihat dari partisipasi dan aktifitas mereka dalam ruangan, mulai dari mendengarkan sejarah Sunda, filosofi budaya Sunda hingga praktek menulis aksara Sunda. Pak Yudi sangat terkesan dengan antusiasme dan kemahiran anak-anak SMA Insan Cendekia Al Kausar. Ketrampilan peserta terutama putri dalam menulis aksara Sunda sangat membanggakan.

2016-09-06-sg-sunda-5

Pada sesi pertama dalam SG Sunda kali ini, Pak Yudi menyampaikan sejarah Sunda dan filosofi kesundaan, kemudian dilanjutkan setelah istirahat dengan sesi kedua yang diisi dengan pembelajaran aksara Sunda. Dan sesi ketiga setelah Zhuhur, seluruh peserta SG diberi tugas membuat namanya masing-masing menggunakan aksara Sunda lengkap dengan hiasan dan warna yang bagus.

2016-09-06-sg-sunda-7

Arfiana Naura Fadhila, siswi kelas X MIPA 2 asal Kalimantan Timur tampak menonjol diantara kawan-kawannya dengan kemampuannya menggambar. Namanya dilukis dengan sangat artistik berlatar tata surya.

2016-09-06-sg-sunda-6

Pak Kusna Sanjaya, sebagai penanggungjawab kegiatan menyerahkan tanda kasih untuk narasumber. (wah)