Islamic Boarding School. Ice breaking adalah suatu aktivitas yang dilakukan untuk melatih konsentrasi, memberikan rasa nyaman serta mengurangi kejenuhan para siswa.  Al Kausar Islamic Boarding School mengikut sertakan 5(lima) guru dari SMP Internat Al Kausar dan SMA Insan Cendekia Al Kausar untuk mengikuti kegiatan pelatihan ice breaking dalam proses pembelajaran yang di adakan di gedung SMESCO, Jakarta.

Peserta Training

ke 5(lima) guru yang ikut pada pelatihan ini antara lain: Bahar Sungkowo, Ust Abdul Aziz, Yusanto Trisno Abadi, Indra Bangkit K, dan Yitno Baseno yang semuanya merupakan guru dari Al Kausar Islamic Boarding School.

 

Pelatihan Ice Breaking Guru Al Kausar Islamic Boarding School - Pondok Pesantren Modern Tahfidz
Pelatihan Ice Breaking Guru Al Kausar Islamic Boarding School – Pondok Pesantren Modern Tahfidz.

Kegiatan pelatihan ice breaking ini bertempat di gedung SMESCO Gatot Subroto Jakarta, pada 6 Oktober 2018.

3 Teknik utama Ice Breaking

Pemateri dalam pelatihan ini adalah Kak Kusumo, seorang trainer Ice Breaking dan penyusun buku Ice Breaking. beliau menyampaikan beberapa teknik-teknik Ice breaking meliputi : Bernyanyi, Bercerita dan Bermain. Pelatihan ini dirasa sangat bermanfaat, para peserta mendapatkan berbagai teknik Ice breaking untuk mencairkan kebekuan dan mengembalikan konsentrasi peserta didik dalam pembelajaran di kelas. pada dasarnya teknik ice breaking ini bisa di gunakan untuk proses pembelajaran siswa Al Kausar Boarding School di kelas, maupun kegiatan belajar di Pondok pesantren modern tahfidz Al Kausar.

Pelatihan ice breaking ini dimulai dari pukul 08.00 Wib dan berakhir pada pukul 16.00 Wib.

Teknik-teknik ice breaking yang didapatkan diantaranya : “ teknik perkenalan, teknik senam otak, teknik bertepuk tangan, teknik bercerita, teknik menyampaikan materi dengan bernyanyi dan teknik-teknik bermain.

Tujuan Pelatihan Ice Breaking

Tujuan pelatihan ini adalah agar para siswa dapat mengenal satu dengan yang lain serta dapat mencairkan suasana yang kaku saat proses pembelajaran sedang berlangsung.

Di harapkan setelah mengikuti pelatihan ice breaking ini. proses kegiatan belajar di Al Kausar Islamic Boarding School – Pondok Pesantren modern tahfidz Al Kausar bisa lebih cair, serta dapat meningkatkan konsentrasi peserta didik dalam pembelajaran di kelas .(BSW)