Pada tanggal 3 sampai dengan 8 Agustus 2015, empat siswa SMP dan SMA Al Kausar Boarding School mengikuti kegiatan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) yang diadakan di kota Tasikmalaya Jawa Barat.

Keempat siswa tersebut adalah : Sisqia Sakinah Idni (11), Muyasara Nilam (11), Farah Nabila Putri Pasah (8) dan Nasyithah Nafi’ah Adnaniah (8). Keempat siswi ini didampingi oleh guru pembimbing ekstrakurikuler penelitian yakni Bapak Bahar Sungkowo dan Bapak Yusanto Trisno Abadi.

Pelaksanaan PIRN 2015 dipusatkan di SMA Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya dengan sistem terpadu. Terpadu yakni tempat menginap, tempat belajar dan tempat menyusun proposal dan hasil penelitian semuanya di kampus SMA Al-Muttaqin. Selama mengikuti PIRN siswa Al-Kausar banyak mendapatkan teman dari seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Marauke. Peserta PIRN mengadakan penelitian di pusat Batik, situ Gede dan pengrajin Bordiran Tasikmalaya.

Di akhir kegiatan, kami semua diajak rekreasi ke Kampung Naga di Tasikmalaya. Komentar siswa terhadap kegiatan ini adalah sangat bermanfaat, mereka dapat mengetahui cara menyusun proposal penelitian, mengadakan langkah-langkah penelitian, menyusun laporan hasil penelitian serta bagaimana memperesentasikan hasil penelitian dengan baik dan benar. Ketika ditanya apakah mau ikut PIRN 2016 di Bengkulu, mereka serempak menjawab : “Mau.. Pak.”.

Sampai bertemu PIRN 2016 di Bengkulu, semoga Al-Kausar dapat diberi kehormatan untuk dapat ikut kembali pada PIRN 2016 mendatang. (BSW)