Bimbingan Karir merupakan upaya bantuan terhadap siswa agar dapat mengenal dan memahami dirinya, mengenal pendidikan lanjutan dan dunia kerja, serta mengembangkan masa depannya yang sesuai dengan bentuk kehidupannya yang diharapkan. Lebih lanjut dengan layanan bimbingan karir siswa mampu menentukan dan mengambil keputusan secara tepat dan bertanggungjawab atas pilihannya sehingga mereka mampu mewujudkan dirinya secara bermakna (Yusuf, Syamsu : 2009).

Dalam rangka menguatkan orientasi pendidikan lanjutan, tim PINTER (Program Intensif Terpadu) dan tim Bimbingan dan Konseling SMA Insan Cendekia Al Kausar telah bekerjasama menyelenggarakan program kegiatan kunjungan kampus yang dinamai Al Kausar Goes to Campus.

Pada 18-19 Oktober 2018 lalu, sebanyak 48 siswa kelas 11 dengan didampingi oleh : Indra Bangkit Komara, S.Pd, Hendra Gunawan Siahaan, S.Pd, Hilman Nahwawi, S.Pd, Aan Nurhasanah, S.Pd, Ayunda Risha Kameswari, S.Si. mengunjungi 4 universitas ternama yakni UGM, UNS, UNDIP dan UNNES dengan agenda kegiatan :

  1. Studium generale, pada sesi ini, seluruh siswa mendengarkan pemaparan dari pihak kampus mengenai visi dan misi kampus, kegiatan mahasiswa di kampus tersebut serta jalur masuk menuju masing-masing universitas.
  2. Keliling kampus, pada sesi ini rombongan dibawa berkeliling kampus, melihat keadaan kampus sekaligus mengamati kegiatan yang sedang dilakukan mahasiswa di kampus tersebut.
  3. Silaturahim & sharing pengalaman bersama para alumni di keempat kampus tersebut. Sesi ini merupakan sesi favorit siswa, karena siswa dapat bertemu kakak kelasnya, bercerita mengenai kegiatan di jurusannya serta berbagi semangat agar mampu menembus PTN yang dicita-citakan.

Usai kegiatan ini berakhir, para peserta GTC ditugaskan untuk mereview kegiatan Goes To Campus secara umum, membuat perencanaan karir, berisi tujuan universitas dan jurusannya, kemudian membuat target capaian akademik tiap semester, dan terakhir konseling individu untuk pengambilan keputusan agar siswa belajar dengan lebih terarah. (ib)