6

BFUB adalah Ajang kompetisi tahunan yang dilaksanakan oleh FMIPA UPI Bandung, dan diikuti Oleh siswa/i mulai tingkat SD, SMP, dan SMA. SMP Internat Al Kausar, tahun ini mengirimkan 4 peserta untuk mengikuti Olimpiade (Obi) Babak Seleksi Wilayah yang dilaksanakan tanggal 12 November 2017 di Sukabumi. Pada tanggal tersebut, murid SMP Internat Al Kausar sedang Libur Reguler. Awalnya guru pembimbing pesimis murid mau mengikuti kompetisi tersebut. Tetapi setelah diskusi dengan murid peserta KBS, beberapa murid sangat antusias. Persiapan dan pembinaan dilakukan dengan pengerjaan dan pembahasan soal-soal pada tahun-tahun sebelumnya.

Pada Hari H (12 November) semua peserta : 1. Fathir Abrian, 2. Hanief A. Rahadi, 3. Hafizh A. Rahadi, dan 4. Rafif Dista Serano, hadir di lokasi diantar oleh orang tua masing-masing. Lomba berlangsung mulai jam 8.30 – 10.30 WIB.

Hasil Kompetisi diumumkan. 2 murid Al Kausar (Rafif Dista Serano dan Fathir Abrian) dan 2 murid SMPN 1 Kota Sukabumi berhasil lolos seleksi Wilayah dan berhak mengikuti Babak Seleksi Pusat.

Babak Seleksi Pusat Olimpiade Biologi (OBi) tingkat SMP / sederajat se-Indonesia dilaksanakan pada tanggal 23-25 November 2017. Rangkaian acara kompetisi ini diikuti oleh 40 peserta seleksi wilayah yang dinyatakan lolos pada seleksi wilayah. Siswa SMP Internat yang mengikuti Babak Seleksi Pusat ini adalah Rafif Dista Serano (kelas 7) dan Fathir Abrian (kelas 9).

Babak Seleksi pusat OBi sangat ketat dan menguras semua pengetahuan dan skill peserta. Hari pertama, semua peserta menjalani Uji Ketok, Uji Praktikum Hewan, dan Uji Praktikum Tumbuhan. Hari kedua, dilaksanakan Uji Tertulis, dimana soal Uji Tertulis tersusun dari 80% soal berBahasa Indonesia dan 20% berBahasa Inggris.

Pengumuman hasil kompetisi merupakan babak yang ditunggu-tunggu. Alhamdulillah, satu siswa Al Kausar yaitu Rafif Dista Serano berhasil meraih Medali Perunggu (Juara 3) dalam kompetisi OBi BFUB XX di UPI Bandung. Selamat kepada pemenang, mudah-mudahan barokah dan terus berprestasi.

3

2

5

1