2017.09.06 YSC 1

Young Scientists Competition disingkat YSC, merupakan ajang adu kemampuan para peneliti belia berusia 13-19 tahun dalam mempresentasikan hasil penelitian yang telah mereka lakukan. Acara ini terselenggara atas kerjasama antara Pudak Scientific dan Center for Young Scientists (CYS). Lomba ini bertujuan untuk menemukan siswa dengan presentasi penelitian yang unggul dari siswa-siswi SMP/MTs, SMA/MA dan SMK di wilayah Jawa Barat dan Banten.

Juara-juara YSC akan diikutsertakan dalam Lomba Peneliti Belia Nasional 2017 (LPB 2017) yang merupakan proses seleksi Tim Indonesia untuk kompetisi peneliti belia tingkat internasional yaitu ICYS (International Conference of Young Scientists) dan APCYS (Asia-Pacific Conference of Young Scientists). Tahun 2018, ICYS ke-25 akan diselenggarakan di Serbia dan APCYS ke-7 yang akan diselenggarakan di Thailand.

Al Kausar mengirimkan 1 team terbaik yaitu ananda Adam Baihaqi Satriobudi (kelas 12 IPA 2) dan Rafi Aziz Fauzi (kelas 12 IPA 1) di bawah bimbingan Pak Yusanto.  Dengan persiapan yang panjang dan rumit team Al Kausar dengan bangga membawa karya terbaik dengan judul “Harvesting Electricity from Rain Drop using Roof Tail base on Peizoelectric”.

Tahap pertama lomba adalah seleksi extended abstract penelitian yang batas akhirnya pada tanggal 16 Agustus 2017. Dan Alhamdulillah team Al Kausar lolos seleksi, dan selanjutnya kami diminta mengirim poster penelitian untuk ditampilkan di Expo.

Tiba saatnya hari lomba Selasa, 6 September 2017, seluruh peserta lomba disambut oleh panitia untuk melakukan registrasi peserta dan pemimbing. Agenda berikutnya di hari yang sama adalah Pembukaan acara Young Scientist Competition 2017, pemotretan Peserta, dan pengundian urutan expo poster dan produk. Usai Expo, dari 31 peserta yang Expo, alhamdulillah Adam dan Fizis terpilih sebagai 4 team yang berhak presentasi di depan juri yang memperebutkan Mendali Emas, Perak dan Perunggu.

Team Al Kausar mendapat  jadwal presentasi 11.45-12.00. Alhamdulillah, Adam dan Rafi dapat mempresentasikan karyanya dengan sangat baik, disusul kemudian dengan ssi tanya jawab. Dalam pengumuman, alamdulillah karya Team Al Kausar mendapat special award, dan 4 besar dari 31 peserta. Walau belum mendapatkan kesempatan untuk angkat mendali. Alhamdulillah, kami banyak mendapat pelajaran berharga dari kompetisi ini. InsyaAlloh, sangat berharga untuk selanjutnya. (yus)

2017.09.06 YSC 2