2017.09.05 SG PKn8 6

Pada tanggal 05 September  2017 bertempat di  Auditorium AlKausar Parungkuda Kabupaten Sukabumi diadakan kegiatan Studium Generale PKn kelas 8 dengan tema : “Mengenal Lembaga Negara Indonesia dan Akrab dengan anggota DPRD Kab Sukabumi”. Pemilihan tema ini memiliki dasar yakni : Tema ini sesuai dengan tema pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)  kelas 8 , materi ini sesuai dengan SKL Al-Kausar dan materi yang diujikan di USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional).

Kegiatan SG PKn ini dimulai tepat pada pukul 07.00- 07.40 Wib dengan sholat Dhuha di masjid As Syifaa, pengarahan serta penjelasan SG PKn dan sosialisasi penilaian SG PKn . Pukul 08.00 sampai denagan 08.20 diadakan ice breaking serta dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber kita yakni anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi PKS bapak Muhammad Yusuf ST.

Pada studium generale ini dijadwalkan selama 3  jam dengan dua materi. Materi pertama adalah menjelaskan tentang Lembaga-lembaga negara di Indonesia . Sedangkan materi dua adalah : mengenal lebih dekat DPRD Kab Sukabumi .

Dalam acara studium generale PKn ini, bapak Yusuf menjelaskan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan kesejahteraan buruh pabrik, kemacetan dengan semakin banyaknya truk-truk Air, Pasir, kontainer dan permasalahan-permasalahan lainnya. Dari penjelasan itu siswa lebih jelas dalam memahami kondisi – kondisi di derah yang diperjuangkan oleh anggota DPRD Kab Sukabumi.

Acara Studium generale PKn diakhiri dengan mengadakan evaluasi daya serap untuk mengetahui tingkap pemahaman siswa terhadap materi-materi yang disampaikan Studium generale ditutup dengan pemberian cenderamata kepada nara sumber. (BSW)

2017.09.05 SG PKn8 3

2017.09.05 SG PKn8 1

2017.09.05 SG PKn 8 3