2017.08.30 ST Sejarah X

Dalam rangka menambah pengalaman belajar secara otentik sekaligus mengenali peninggalan bangsa, siswa kelas X SMA Insan Cendekia Sukabumi melakukan study tour ke Situs Megalitik Gunung Padang, yang berlokasi di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Cianjur, Jawa Barat pada 30 Agustus 2017.

Rombongan study tour berangkat dari kampus Al Kausar pada pukul 7.00 dan tiba di lokasi pada pukul 11.00. Rombongan selanjutnya mendaki undakan batu sepanjang 180 meter dengan kemiringan 45 derajat untuk mencapai teras pertama Gunung Padang. Cukup melelahkan, tapi terbayar lunas dengan pemandangan menakjubkan. Struktur batu yang diperkirakan disusun pada tahun 5.000 sebelum Masehi terhampar di depan mata bersama pemandangan alam berupa perbukitan dan hutan yang terhampar seluas 180 derajat mata memandang.

Di teras pertama ini rombongan berdiskusi dengan Tim Situs Megalitik Gunung Padang. Pertanyaan-pertanyaan silih berganti dilontarkan oleh rombongan study tour, mulai dari pertanyaan-pertanyaan aspek fisik dan teknologi sampai ke pertanyaan-pertanyaan menyangkut aspek-aspek sosial, ekonomi, budaya dan religi.

Diskusi dilakukan selama kurang-lebih satu jam setengah, kemudian diakhiri dengan pengamatan di teras-teras dua, tiga, empat, dan lima.

Jelang pukul 14.00 rombongan mengakhiri pengamatan untuk shalat Zhuhur dan makan siang kemudian kembali pulang ke kampus Al Kausar, meninggalkan situs yang sejauh ini diduga merupakan piramida tertua di bumi. (mm)

2017.08.30 ST Sejarah X1

2017.08.30 ST Sejarah X3