IMG-20170721-WA0028

Olimpiade Guru Nasional (OGN) adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan. Sampai dua tahun ke belakang, kegiatan ini masih disebut sebagai Olimpiade Sains Nasional yang diperuntukkan bagi guru-guru mata pelajaran sains. Sejak tahun 2016, namanya berubah menjadi OGN untuk juga mewadahi antusiasme berkompetisi guru-guru mata pelajaran di luar sains, sehingga secara keseluruhan, kompetisi ini ditujukan pada guru-guru yang mengajar 11 mata pelajaran; Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Geografi, PJOK, Sejarah, dan Ekonomi.

Pada tahun 2017 ini, SMA Insan Cendekia Al Kausar mengirimkan lima guru untuk ikut serta dalam seleksi pertama yang dilaksanakan pada pertengahan bulan Juni. Secara keseluruhan, ada lebih dari 3.000 guru yang ikut serta di tahun ini dari seluruh Indonesia. Seleksi dilakukan terpusat dengan penyelenggaraan di provinsi masing-masing. Di seleksi awal, peserta harus menyelesaikan 100 soal dalam waktu 120 menit.
Sebulan kemudian, panitia mengumumkan 15 finalis yang berhak masuk ke babak final di Universitas Negeri Yogyakarta dari masing-masing mata pelajaran. Salah satu guru SMA Insan Cendekia Al Kausar, Nurpatria Kusworini, S. Pd. berhasil menjadi finalis untuk mata pelajaran Bahasa Inggris.
Pada babak final yang dilaksanakan dari 18-21 Juli 2017, setiap peserta harus menjalani beberapa tes yang menantang yaitu Tes Tulis Profesional dan Pedagogik, Workshop pembuatan RPP dan Micro-teaching, serta Penulisan karya Best Practice dan Presentasinya. Atas rahmat Allah SWT dan doa dari segenap Civitas Academica Al Kausar Boarding School, ibu Nurpatria Kusworini, S. Pd. berhasil membawa pulang medali perak untuk OGN Bidang Mata Pelajaran Bahasa Inggris 2017.  (NK)
IMG-20170724-WA0004