Pekan ini (27/11/2020), Arsyad Naufal Baidillah (XI NS 1) dan Muhammad Nurbuana Alfatah (X NS 1) menambah jejak-jejak prestasi siswa SMA Insan Cendekia Al Kausar Sukabumi. Keduanya dinobatkan sebagai Juara 1 Lomba Pidato SMA / MA sederajat tingkat nasional yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah, Institut Koperasi Indonesia.

Lomba yang mengusung tema “Peluang Bisnis di Era New Normal” ini memberi kesempatan pada siswa untuk berbagi pemikiran dalam organisasi ide-ide bisnis yang dapat dilakukan di masa pandemi.
“Sekali lagi usaha adalah jalan satu-satunya untuk meningkatkan sekaligus membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang terdampak pandemi covid-19. Seorang pengusaha tidak akan menyerah pada keadaan; ia selalu mencari jalan agar langkahnya tidak pernah terhenti, sebab seorang pengusaha adalah mereka yang berpikir maju dan menggapai tujuan dengan segala persiapan yang meyakinkannya ”Itulah kutipan pamungkas dalam pidato yang mereka buat.

Keduanya rutin mengikuti program pelatihan publik wicara (Public Speaking) yang dikelola oleh Tim Bahasa SMA Insan Cendekia Al Kausar dan Klub Serikat Literasi Alkausar (SERASI). Ketertarikan keduanya terhadap seni berbahasa lahir atas kemauan dan motivasi yang mereka miliki. 

Meskipun di tengah himpitan aktivitas pandemi, mereka menunjukkan bahwa siswa Al Kausar memiliki tekad “Tidak kenal pada lelah dan juga tidak akrab pada kalah”. Kami akan terus melanjutkan tekad tersebut gadis mengutip salah satu puisi Chairil A berjudul Antara Karawang dan Bekasi: “Tapi kerja belum selesai- belum apa-apa”

Reportase: Danur Aghani, SS, Muhammad Nurul, S.Pd