1

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 merupakan ujian tingkat nasional untuk 4 mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan salah satu mata pelajaran pilihan (IPA: Fisika, Kimia, dan Biologi; IPS: Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi). Sebanyak 57 Siswa kelas XII SMA Insan Cendekia Al kausar mengikutl UNBK 2017, dengan rincian pengambilan mata pelajaran pilihan sebagai berikut;

  1. Fisika dipilih sebanyak 18 siswa.
  2. Kimia dipilih sebanyak 5 siswa.
  3. Biologi dipilih sebanyak 12 siswa.
  4. Ekonomi dipilih sebanyak 9 siswa.
  5. Sosiologi dipilih sebanyak 6 siswa.
  6. Geografi dipilih sebanyak 7 siswa.

Persiapan dan pengecekan infrastruktur dilakukan sejak 3 bulan sebelumnya oleh tim kepanitiaan UNBK 2017 yang berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di bawah arahan Pak Iim Nurhalim, S.Pd.I. selaku kepala sekolah SMA Insan Cendekia Al Kausar. Simulasi diadakan sebanyak 2 kali untuk memastikan pelaksanaan UNBK 2017 tidak mengalami banyak kendala.

Persiapan dan pembinaan siswa kelas 12 untuk menghadapi UNBK 2017 sudah dilakukan sejak awal semester 2 dengan merancang pembelajaran yang berfokus pada UN dan SBMPTN. Lebih khusus, seminggu sebelum pelaksanaan diadakan Try Out Gladibersih UNBK dan tindak lanjutnya berupa pembinaan intensif siswa untuk 4 mata pelajaran yang akan diuji. Siswa dibekali pula dengan kegiatan Istighosah bersama

Alhamdulillah, pada tanggal 2 Mei 2017 pengumuman hasil UNBK 2017 sudah diterima. Dua orang siswa SMA Insan Cendekia Alkausar atas nama Nur Alam Hasabie dan Fithratulhay Pribadi berhasil mendapatkan nilai 100 pada mata pelajaran Matematika. Nilai rata-rata UNBK 2017 untuk kategori IPA tertinggi diraih oleh Fithratulhay Pribadi dengan skor 94,25 dan untuk kategori IPS diraih oleh Gagah Arif Rahardian dengan skor 88,5. Untuk rata-rata nilai mata pelajaran tertinggi kelas IPA terdapat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan skor 86,17 dan untuk kelas IPS terdapat pada mata pelajaran Sosiologi dengan skor 81,00.

Seluruh pencapaian yang menggembirakan ini tidak lepas dari usaha dan doa dari para siswa kelas 12, guru, pembina, wali murid, staf, dan supporting unit lainnya yang turut menyukseskan UNBK 2017. Rasa syukur terus dipanjatkan seraya berdoa semoga pencpaian di masa depan dapat lebih baik lagi..  Aamiin..