e9f53c60-5951-4689-ad8d-1ac7a19ae757

Merealisasikan program pembelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) , siswa SMP Internat Al-Kausar pada hari Rabu, 26 April 2017 mengadakan Studi Tour ke kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebanyak 43 siswa dengan  tiga orang guru pembimbing yakni : Bpk Bahar Sungkowo S.Pd, Bpk Kusna Sanjaya dan Ibu Annisa Nur Amaliyah, S.Pd, kami sampai di kantor KPK yang lama tepat waktu yakni jam 09.30 Wib. Sampai di Kantor KPK , kami mengikuti prosedur kunjungan yang cukup ketat dengan diperiksa tas dan bawaan kami, kemudian kami menunggu petugas untuk mengantar rombongan kedalam.

Tepat jam 10.00 wib, kami masuk keruangan dimana acara akan dimulai, yakni ruang pelatihan dan sosialisasi KPK. Kami ditemani oleh tiga orang pegawai KPK yakni Kak Bayu, Kak Fatimah dan Kak Danu. Sebagai MC, kak Fatimah membawa acara dengan ramah, serta mempersilahkan pak Bahar menyampaikan sambutan. Pak Bahar menyampaikan : “ada 3 maksud kunjungan studi tour ini, pertama : sebagai implementasi dari pembelajaran PKn, sebagai penguatan pendidikan Karakter terutama karakter kejujuran dan integritas serta menguatkan visi Sekolah. Semoga ketiganya dapat kita serap dalam penyampaian di KPK ini.

cdbe193e-352a-498a-b2e5-e9f7a333700b

Jam 10.20 wib, Mas Danu menyampaikan materi-materi berkaitan dengan INTEGRITAS dan Kejujuran. Disinggung pula tentang berbagai hal berkaitan dengan dampak jika kita membiarkan korupsi meraja lela di Indonesia, serta mengapa orang melakukan KORUPSI. Dijelaskan pula macam – macam korupsi diseputar lingkungan kita seperti praktek korupsi di OSIS, Balai desa dan lain-lainnya. Yang unik Kak Danu menjelaskan tentang 8 karakter KPK dengan akronim unik yakni : Jupe Mandi Tangker Sebedil , yakni : Jujur, Peduli, Mandiri, Tanggungjawab, Kerja Keras, Sederhana, Berani dan Adil. Nama unik dan terkesan seronok, namun artinya delapan karakter yang diperlukan untuk integritas dan kejayaan bangsa kita.

Dalam penyampaian materi, kak Danu memberikan kuis dan pertanyaan yang berhadian, yakni kalung name tak KPK yang bagus dan menarik. Acara ditutup pada jam 12.10 dengan foto bersama di kantor KPK, dengan tekad di dada, “Kami kelas 8 SMP Internat Al-Kausar, selamanya menjadi pendukung KPK dan menjadi pribadi berintegritas yang jujur dan antikorupsi. (Bsw)

1c33c52d-4e27-4f9c-92c0-52c1e3693e29