d36b0082-85d7-4134-802b-bb59555a81fd

Pada tanggal 12 Maret 2017 yang lalu, murid kelas 7 dan kelas 10 mengikuti kegiatan hiking sebagai bagian dari kegiatan leadership Al Kausar. Kegitan hiking sendiri adalah kegiatan outdoor di lingkungan alam ataupun pegunungan dengan panorama yang indah. Murid berjalan kaki menyusuri jalur hiking trails yang telah tersedia.  Kegiatan hiking ini bersifat rekreatif dan latihan fisik sehingga dipilih medan yang memiliki pemandangan yang indah.

Kegiatan yang bertujuan melatih fisik para murid tersebut diikuti oleh 30 murid kelas 7 dan 50 murid kelas 10. Pemberangkatan dilakukan secara bergelombang,  untuk murid kelas 10 berangkat sekitar pukul  4.00 pagi, menuju base camp di masjid ar-Raihan, Cangkuang, dan langsung melaksanaan sholat Shubuh , sarapan dan pemanasan.  Sekitar pukul 06.00 WIB murid kelas 10 memulai  hiking, menyusuri jalan- jalan persawahan menuju kawasan hutan lindung Gunung Salak.

Gelombang kedua peserta hiking kelas 7 datang sekitar pukul 06.30 wib, peserta sarapan lalu melakukan pemanasan. Semua peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan hanya dibekali satu batang coklat untuk bekal dan melatih daya survival peserta.

Selama perjalanan, peserta menemui tantangan yang dibagi dalam beberapa pos.  Di Pos 1, peserta hiking akan belajar materi navigasi darat dengan menggunakan peta dan kompas.  Setelah belajar mereka harus membuat peta perjalananan selama hiking. Di Pos 2, peserta akan diuji kekompakannya dengan memainkan beberpa games team work building, diantaranya games balloon train dan estafet water.  Yang gak kalah serunya di Pos 3, mereka belajar tentang pertolongan pertama pada musibah dan mencoba berlatih cara membawa korban dan pertolongan pertama yang cepat dan tepat.

d0bac7f6-2e67-48b7-ba44-938a6f5a864b

Di Pos 4, murid SMA mendapat teori dan praktek serta tes sandi morse, sedangkan murid SMP  mendapatkan materi survival dan mengumpukan tanaman-tanaman yang bisa di makan sepanjang perjalanan.

Di Pos 5,  murid SMP mendapat materi tadabur alam dan sharing hikmah yang dapat diambil selama perjalanan. Materi tadabur alam dilakukan setelah mereka finish di air terjun Cangkuang. Di air terjun itulah meraka dapat melepas lelah setelah melakukan perjalanan. Pos 5 adalah pos survival untuk murid SMA, di mana mereka diuji fisik dan mental serta mengumpulkan tanaman-tanaman yang mereka temukan dalam perjalanan.  Peserta SMA menempuh perjalanan lebih jauh dari murid SMP.  Mereka  Finish di Pos 6, setalah melepas lelah di air terjun, lalu diskusi dan sharing tentang hikmah kegiatan di alam dan bersyukur atas semua ciptaan-Nya.

Acara selesai sekitar jam 12.00 WIB, semua peserta kembali kekampus Al Kausar tercinta dengan badan yang lelah namun tetap ceria karena mendapatkan banyak pengalaman berharga selama perjalanan. (dds)

8dce94a1-f3f7-423b-8cfa-7737d3f34c6c