Untuk menganalisis pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia, siswa-siswi kelas X IPA mengikuti studium generale Sejarah Indonesia yang dilaksanakan pada hari Senin (2/4/2018) di Auditorium Al Kausar Boarding School dengan pembicara Bapak Ghamal Satya Mohammad MA, sejarawan sekaligus dosen pada Program Studi Sejarah Universitas Indonesia.

Pada sesi pertama studium generale, siswa dan siwi dibagi dibagi ke dalam enam kelompok. Setiap kelompok ditugaskan untuk meneliti salah satu topik berikut: (1) hipotesis-hipotesis kedatangan Hindu dan Buddha (2) kerajaan Sriwijaya (3) kerajaan Sunda (4) kerajaan Mataram (5) kerajaan Majapahit (6) akulturasi kebudayaan Nusantara dan kebudayaan India

Pada sesi kedua, cerah dan diskusi, hadir seorang sejarawan sekaligus dosen muda pada Program Studi Ilmu Sejarah Universitas Indonesia, Bapak Ghamal Satya Mohammad, MA. Pada sesi ini Pak Ghamal menjelaskan bahwa masa Hindu-Buddha berlangsung selama kurang lebih 12 abad, dengan pembabakan yang terbagi menjadi tiga, yaitu periode pertumbuhan, perkembangan, dan keruntuhan.

Pada abad ke-16, lanjut Pak Ghamal, agama Islam mulai mendominasi Nusantara. Namun, tidak berarti pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha hilang tergantikan kebudayaan Islam. Agama Islam mengakomodasi peninggalan Hindu-Buddha. Dengan melakukan modifikasi agar tetap berselang beberapa abad, wujud peradaban Hindu-Buddha masih dapat kita saksikan hingga sekarang, misalnya dalam perwujudan sastra dan arsitektur. (mm)