Sukabumi. Menghadapi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 adalah sebuah pengalaman yang menarik sekaligus menegangkan bagi para siswa. Kesiapan mental sangat diperlukan dalam usaha persiapannya. Untuk itu, tiap sekolah melakukan segenap upaya demi kesuksesan para siswa dalam menghadapi hal-hal yang dikhawatirkan akan menghambat keberhasilan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional tersebut.

Treatment khusus dilakukan oleh SMP Internat Al Kausar untuk para siswa kelas IX berupa palaksanaan bimbingan belajar, serta dalam hal kematangan emosional dan spiritual. Salah satunya adalah pelaksanaan training motivasi dalam rangka sukses Ujian Nasional pun dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2018 bertempat di Auditorium Al Kausar Boarding School.

Menghadirkan trainer-trainer dari lembaga training Rumah Kepemimpinan, siswa tampak antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Melalui training motivasi tersebut siswa mendapat banyak sekali nilai-nilai yang dapat diimplementasikan dalam hidup seorang muslim, serta usaha maksimal apa saja yang harus disiapkan dalam mencapai segala sesuatu. diantaranya menggunakan frase DUIT (Do’a, Usaha, Ikhlas, Tawakkal) dalam persiapan mental menghadapi tantangan, serta menghormati kedua orang tua dan guru agar Allah SWT memberikan ridlo sehingga diberikan kemampuan yang terbaik dalam belajar.

Selain memotivasi siswa melalui frase-frase kata, hal lain yang dilakukan adalah games serta senam. Selain itu, juga terdapat muhasabah diri yang membuat siswa merenungi diri dan sampai meneteskan air mata karena ingat akan orang tua dan guru yang selama ini berusaha keras di belakang mereka.

Jessenia (salah seorang peserta) bertutur, “Alhamdulillah, muhasabahnya bikin gereget dan semakin menguatkan mental saya dalam persiapan menghadapi UN nanti. Insya’Allah saya siap menghadapi UN 2018 nanti”.

Kegiatan training motivasi berakhir sampai dengan menjelang shalat dhuhur dan diakhiri dengan do’a bersama.

“Alhamdulillah acaranya berjalan dengan lancar. Siswa alhamdulillah antusias. Harapannya acara ini semakin mematangkan mental dan emosi siswa sehingga Ujian Nasional nanti mereka dapat memperoleh hasil terbaiknya setelah upaya terbaik yang sudah dilakukan para siswa”, komentar Hamzah, Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Internat Al Kausar. (muta)