2019-09-29-lpsn-1

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah akhirnya Tim PELITA  SMP Internat Al-Kausar yang diketuai oleh Najwa Haifa Hedar (VIII-3) dengan anggota Sarah (VIII-3) dan Maulida Marisa Qonita (VIII-2)  berhasil meraih medali emas (peringkat pertama) pada Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) yang diadakan di Jakarta tanggal 25-29 September 2016.

Ikhtiar dan usaha Najwa dan kawan-kawan bukanlah hal yang mudah dan instant. Penelitian yang dilakukan selama 1,5 bulan dari bulan Maret hingga April 2016, dilanjutkan dengan pengolahan data dan penulisan hasil penelitian hingga dikirimkan naskahnya, itu adalah rangkaian yang membutuhkan ketekunan, kesabaran dan kerja tim yang baik. Akhirnya penelitian mereka yang mengangkat literasi keuangan menggunakan media BULE GEMBEL pada siswa Sekolah dasar terpanggil final LPSN yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMP Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Judul penelitian mereka : BULE GEMBEL : Upaya Peningkatan Pengetahuan Cerdas Finansial (Literasi keuangan) “Gemar Menabung“ Pada siswa Sekolah dasar, menjadi penentu keberhasilan dan kesuksesan mereka.

2019-09-29-lpsn-3

Saat penjurian, Najwa, Sarah dan Qonita mendapatkan urutan ke 24. Mereka terus berlatih, baik di lokasi lomba ataupun di hotel yang mereka tempati tanpa kenal lelah. Pada saat presentasi mereka tampil percaya diri meskipun sempat sedikit “demam Presentasi”, namun itu dapat ditutupi dengan kemahiran mereka mendemonstrasikan media BULE GEMBEL mereka. Menurut Pak Bahar Sungkowo, pembimbing tim Pelita pada LPSN 2016 ini, “Tim BULE GEMBEL ini memang sangat solid dan memiliki keahlian masing-masing. Sarah memiliki keahlian mendesain powerpoint, Najwa memiliki keahlian presentasi dan Marisa sangat mahir dalam memberikan jawaban-jawaban dari pertanyaan juri. Tidak salah jika juri memberikan skor tertinggi dan menempatkan Tim ini sebagai “the best” yakni peringkat teratas dari 34 tim dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial Kemanusiaan dan Seni”.

Akhirnya Majwa, Sarah dan Marisa yang duduk di kelas VIII ini, kembali menyumbangkan prestasi bergengsi yakni medali EMAS Lomba Penelitian Siswa Nasional, sebuah ajang bergengsi dan diimpikan siswa SMP seluruh Indonesia. Mereka berhak mendapatkan uang senilai Rp 5.000.000 disamping medali EMAS supremasi tertinggi dalam ajang lomba ini.

Selamat buat bapak H. Bahar Sungkowo S.Pd dan Tim BULE GEMBEL : Najwa Haifa Hedar (VIII-3), Sarah (VIII-3) dan Maulida Marisa Qonita (VIII-2) atas pencapaian prestasi tertinggi dan terbaik. Tingkatkan terus prestasi untuk diri, kelaurga dan almamater. Bravo. (BSW)2019-09-29-lpsn-2