Study tour adalah program tahunan sekolah yang telah direncanakan di SMA Insan Cendekia Al Kausar. Untuk mata pelajaran Biologi, pada Kamis 22 Januari 2015 lalu siswa-siswi Kelas X IPA diajak untuk lebih memahami kingdom animalia bertempat di kebun Binatang Ragunan.

Kingdom animalia terdiri dari 8 filum, yang salah satunya adalah filum chordata. Filum chordata khususnya subfilum vertebrata sangat mudah ditemui di kehidupan sehari-hari. Kawasan konservasi (tempat pelestarian hewan) yang sudah dikenal baik sebagai tempat perlindungan satwa adalah kebun binatang Ragunan. Kebun binatang Ragunan berada di kawasan Jakarta Selatan. Kawasan konservasi tersebut mudah dijangkau masyarakat dari segi transportasi dan terjangkau dalam hal biaya tiket masuk, karena masyarakat cukup membayar 4.500 untuk orang dewasa dan 3.500 untuk anak-anak.

Selama study tour di Ragunan, siswa dibentuk dalam kelompok-kelompok kecil beranggotakan 4 sampai 5 orang. Setiap kelompok dibekali modul pengamatan hewan. Modul pengamatan dirancang agar siswa aktif mengisi profil hewan dan memotret hewan tersebut. Lembar pengamatan telah terisi beberapa gambar yang harus bisa mereka temukan wujudnya di kebun binatang Ragunan. Mereka diminta mencari spesies dari masing-masing kelas, yaitu 4 spesies dari superkelas pisces, 4 spesies dari kelas amfibi, 4 spesies dari kelas reptil, 4 spesies dari kelas aves, 4 spesies dari kelas mamalia dan 6 spesies dari ordo primata.

Sesampainya di kebun binatang Ragunan, siswa terlihat antusias untuk memotret hewan. Tempat yang pertama kali kami kunjungi adalah pusat primata Schmutzer. Siswa memulai pengamatan secara berkeompok. Namun sayangnya, hujan deras membuat pengamatan terhenti selama 5 jam. Setelah hujan reda, siswa kembali mengamati hewan secara berkelompok.

Jumlah siswa kelas X IPA yang mengikuti study tour Biologi adalah sebanyak 40 siswa yang terbagi dalam 10 kelompok, sedangkan guru pendamping berjumlah 3 orang. Siswa berangkat pukul 06.30 WIB dan kembali ke sekolah pukul 20.30 WIB. Saya selaku guru mata pelajaran Biologi mengapresiasi minat siswa yang besar pada dunia hewan dan bersyukur bahwa study tour berjalan lancar.